Seorang Jamaah Haji Asal Lampung Utara Terjatuh di Masjid Nabawi

Bagikan/Suka/Tweet:

Feaby/Teraslampung.com

Ilustrasi

Kotabumi–M. Muthohari Sarjaya, jamaah haji asal Kabupaten Lampung Utara,dikabarkan terluka akibat terjatuh di Masjid Nabawi, Madinah, Arab Saudi. Akibatnya, yang bersangkutan diperkirakan tak akan pulang bersama rombongan lantaran terpaksa menjalani proses operasi.

Hingga berita ini diturunkan, belum diketahui pasti penyebab maupun kronologikejadian yang menimpa M. Muthohari Sarjaya tersebut.

“Benar. Jamaah kita yang bernama M. Muthohari Sarjaya bin Sarjaya terpaksa dirawat di Rumah Sakit King Fahd akibat terjatuh di Masjid Nabawi,” papar Kasie Urusan Haji dan Umrah, Kanwil Kemenag Lampung Utara, Herman Ali, melalui sambungan telepon, Jumat (16/10) sekitar pukul 20:07 WIB.

Kendati demikian, Herman Ali mengaku belum dapat menjelaskan secara rinci kronologis kejadian dan waktu berikut alamat serta usia yang bersangkutan tersebut. Sebab, pihaknya belum mendapat secara rinci informasi tersebut dari petugas haji yang mendampingi rombongan haji Lampura.

“Sampai saat ini, kami terus berupaya mendapatkan informasi itu. Tapi, yang jelas, yang bersangkutan harus dioperasi karena sendi panggulnya lepas dan diperkirakan tak dapat pulang beserta rombongan,” terangnya lagi.

Diketahui, dari total 346 jamaah haji Lampung Utara, dua di antaranya menghembuskan nafas terakhirnya di tanah suci Mekkah, Arab Saudi. Keduanya yakni Rohani Sekalung Abdulah (80) binti Abdullah yang beralamat di RT I/RW I, Desa Gedung Ketapang, Kecamatan Sungkai Selatan. Kemudian Dawam Mulyorejo (84), warga Desa Negara Ratu, Kecamatan Sungkai Utara.

Keduanya meninggal akibat dehidrasi (kekurangan cairan) dan penyakit paru – paru obstruksi kronis. Rombongan Jamaah haji asal Lampung Utara sendiri diperkirakan akan tiba pada tanggal 20 Oktober mendatang.‎

Sementara itu, PPIH di Arab Saudi tidak memberikan informasi adanya jamaah asal Indonesia yang masih tinggal karena sakit. Kepala Daker Airport Jeddah – Madinah Nurul Badruttamam mengatakan seluruh jamaah haji khusus sudah dipulangkan ke Tanah Air sejak
hari ini, Jumat (16/10).