Beranda Hukum Kriminal Sepeda Motor yang Dikendarai “Nyungsep”, Dua Jambret Babak Belur Dihakimi Massa

Sepeda Motor yang Dikendarai “Nyungsep”, Dua Jambret Babak Belur Dihakimi Massa

387
BERBAGI
Ilustrasi jambret (batamtoday)

Zainal Asikin|Teraslampung.com

PRINGSEWU — Aparat kepolisian Polsek Pringsewu menangkap dua tersangka penjambretan di Jalan Tani, Kelurahan Pringsewu Barat, pada Senin (3/4/2017) lalu sekitar pukul 11.00 WIB. Kedua tersangka sempat menjadi bulan-bulanan massa saat berusaha kabur saat melakukan aksi penjambretan.

Kedua tersangka jambret yang ditangkap tersebut adalah, Riski Eri Sanjaya (29) dan Heri Andesta (23), keduanya warga Pekon Tanjung Kemala, Kecamatan Pugung, Tanggamus.

Kapolsek Pringsewu, Kompol Maimun Karim mengatakan, petugas menangkap tersangka Riski dan Heri, setelah keduanya usai melakukan aksi penjambretan terhadap korban RA (20) dan IM (17) di Jalan Tani, Kelurahan Pringsewu Barat.

“Saat diamankan, kedua tersangka sempat babak belur dihajar massa,”ujarnya, Selasa (4/4/2017).

Dari penangkapan kedua tersangka, petugas menyita barang bukti sepeda motor Honda Beat milik tersangka yang digunakan keduanya untuk melakukan aksi penjambretan dan satu unit ponsel milik korban.

Maimun mengutarakan, awalnya korban RA dan temannya IM, pergi bersama berboncengan sepeda motor. Saat melintas di Jalan Tani, korban dibuntuti kedua tersangka yang mengendarai sepeda motor Honda Beat warna merah putih.

Berada di tempat sepi, kata Maimun, kedua tersangka langsung memepet motor korban, salah satu tersangka langsung merampas ponsel Oppo A39 Gold milik korban yang ditaruh didasboard depan motor.

“Korban melawan mempertahankan barang berharga miliknya, saat itu juga korban teriak minta pertolongan dan teriakannya didengar warga setempat,”ungkapnya.

Kedua tersangka, langsung melarikan diri memicu sepeda motornya. Namun sepeda motor yang dikendarai kedua tersangka terjungkal, saat itu juga massa yang mengejar mereka langsung menangkapnya.

“Massa yang geram, meluapkan kekesalannya menghakimi keduanya hingga babak belur,”terangnya.

Dikatakannya, beruntungnya saat kejadian, petugas yang mendapat informasi tersebut cepat datang ke lokasi kejadian. Petugas langsung mengamankan kedua tersangka, dari amukan massa. Selanjutnya, petugas membawa keduanya ke Puskesmas setempat untuk diberikan perawatan medis.

“Kedua tersangka, masih dilakukan pemeriksaan di Mapolsek Pringsewu. Kasusnya masih kami kembangkan, untuk mengungkap TKP lain yang dilakukan keduanya,”jelasnya.

Menurutnya, tersangka Riski dan Heri ini, tidak hanya sekali melakukan aksi penjambretan. Disinyalir, masih ada beberapa TKP penjambretan yang dilakukan kedua tersangka di wilayah hukum Polsek Pringsewu.