Serap Aspirasi Warga, Rycko Blusukan Hingga Pelosok Desa

Bagikan/Suka/Tweet:

LAMPUNG SELATAN – Calon Bupati (Cabup) Lampung Selatan H. Rycko Menoza SZP bersama tim pemenagan pasangan Rycko Menoza-Eki Setyanto (KoKi), melakukan blusukan ke pelosok desa di sejumlah kecamatan di Kabupaten Lampung Selatan.

Hal itu dilakukan guna menyerap aspirasi warga, terkait program pembangunan yang akan dilaksanakan dalam lima tahun ke depan (2016-2021), jika Rycko Menoza dan Eki Setyanto kembali terpilih dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) tahun 2015 ini.

Informasi yang dihimpun Teraslampung.com, kegiatan blusukan itu dilakukan Rycko dan Tim KoKi di 4 (empag) kecamatan yakni Kecamatan Tanjungbintang, Sidomulyo, Katibung dan Tanjungsari.

“Blusukan ini kami lakukan untuk mengetahui secara langsung apa yang diharapan dan dibutuhkan oleh masyarakat baik yang belum, akan dan sudah dilakukan oleh pemerintah daerah selama lima tahun terakhir ini,” ujar Rycko Menoza.

Rycko mengatakan, selama lima tahun Ia memimpin Lampung Selatan sudah banyak pembangunan yang dilakukan, namun dibeberapa tempat masih ada yang membutuhkan perbaikan pembanguan lanjutan.

Dia menuturkan, pemerataan pembangunan di 17 kecamatan di Lampung Selatan tidaklah mudah sebab wilayahnya sangat luas, sementara dana yang dimiliki pemerintah daerah sangat terbatas yang juga harus dialokasikan untuk program lain.

“Meski demikian kita patut bersyukur, karena Lampung Selatan sekarang ini sudah jauh lebih baik mengalami perubahan dalam hal pembangunan, seiring dengan meningkatnya APBD dari Rp700 miliar menjadi Rp1,7 triliun lebih,” terangnya.

Seperti di Kecamatan Sidomulyo, lanjutnya, kini masyarakatnya sudah jauh lebih maju, sebagai daerah perdagangan yang didukung dengan akses jalan yang bagus serta pembangunan pasar sebagai pusat kegiatan bisnis masyarakat.

“Selain puskesmas rawat inap, jalan penghubung antar kecamatan juga sudah baik sebagai akses masyarakat dalam berbisnis maupun mengangkut hasil bumi,” ungkapnya.

“Kecamatan Tanjungbintang, juga sudah terlihat maju dengan telah adanya puskesmas rawat inap, serta jalan poros yang tidak lama lagi akan segera rampung pembangunannya,” katanya.

Sementara itu, salah satu warga di Kacamatan Tanjungbintang Hardi mengatakan, banyak yang telah dilakukan oleh pasangan Rycko-Eki selama lima tahun memimpin Kabupaten Lamsel seperti perbaikan jalan, puskesmas rawat inap dan kemajuan sektor dunia pendidikan.

“Buktinya saja, Lampung Selatan memiliki satu-satunya PAUD percontohan nasional di Tanjungbintang,” ujar dia.

Menurutnya, jika ganti pemimpin maka secara otomatis akan berganti juga kebijakannya, sehingga program yang sudah maupun akan berjalan kemungkinan akan kecil harapannya untuk dilanjutkan oleh pemimpin yang baru.

“Tapi kalau yang pernah memimpin pasti akan tahu apa yang dibutuhan oleh masyarakat,” katanya.