Beranda News Lingkungan Seribu Mangrove dari Himasylva untuk Pantai Ringgung

Seribu Mangrove dari Himasylva untuk Pantai Ringgung

264
BERBAGI

Bandarlampung, Teraslampung,com

Untuk memperingati Hari Bumi 2014 yang bertemakan “Satukan Tekad, Selamatkan Bumi, untuk Masa Kini dan Masa Depan”, Himpunan Mahasiswa Kehutanan (Himasylva) Universitas Lampung melaksanakan kegiatan pertama rangkaian Hari Bumi, yaitu Gerakan Tanam 1000 Mangrove di Pulau Lahu, Pantai Sari Ringgung, Desa Sidodadi, Pesawaran, Sabtu lalu (19/4).

Jenis mangrove yang ditanam adalah Rhizophora (bakau). Penanaman mangrove ini merupakan salah satu aksi nyata Himasylva untuk mempertahankan perisai mangrove di Lampung. Kegiatan ini bertujuan untuk menjaga fungsi hutan mangrove yaitu sebagai penyangga kehidupan masyarakat pesisir.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh Himasylva bersama dengan masyarakat sekitar. Diharapkan dengan adanya partisipasi masyarakat dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya hutan mangrove sebagai pelindung terhadap gelombang dan arus laut, habitat alami biota laut dan pencegah abrasi pantai. Selain kegiatan penanaman 1000 mangrove, Himasylva juga melakukan coastal cleanup, yaitu kegiatan membersihkan sampah yang ada di pantai.

Tujuan diadakannya coastal cleanup adalah untuk menjaga kebersihan pantai dan sekaligus menggugah masyarakat maupun pengunjung pantai untuk menjaga kelsetarian lingkungan demi keberlangsungan kehidupan di bumi.

Loading...