Beranda Hukum Serukan People Power, Eggi Sudjana Ditetapkan Sebagai Tersangka

Serukan People Power, Eggi Sudjana Ditetapkan Sebagai Tersangka

264
BERBAGI
Eggi Sudjana. Dok.TEMPO/Eko Siswono Toyudho

TERASLAMPUNG.COM — Politikus Partai Amanat Nasional Eggi Sudjana mempertanyakan penetapan status tersangka oleh Polda Metro Jaya dalam kasus dugaan seruan people power.

Baca: Demo di KPU dan Bawaslu, Eggi Sudjana: Bukan Makar

“Sekarang dijadikan tersangka, saya bingung dijadikan tersangka atas apa,” ujar Eggi saat ditemui di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Kamis 9 Mei 2019.

Padahal kata Eggi, pernyataan people power tersebut adalah pendapatnya sebagai advokat BPN Prabowo Sandi terkait adanya dugaan kecurangan Pemilu 2019.

Hal yang sama juga disampaikan oleh pengacara Eggi Sudjana, Pitra Romadoni. Dia mempertanyakan dasar dari penetapan tersangka tersebut.

Pitra menyebutkan pernyataan people power Eggi Sudjana yang diperkarakan merupakan bentuk pendapat sebagai advokat. “Apa dasar mereka menetapkan Eggi sebagai tersangka, kok pendapat ditetapkan sebagai tersangka,” ujarnya.

Eggi dilaporkan oleh Supriyatno, relawan Jokowi-Ma’ruf Center (Pro Jomac) ke Badan Reserse Kriminal Polri. Laporan itu terdaftar dengan nomor LP/B/0391/IV/2019/BARESKRIM tertanggal 19 April 2019. Eggi dituduh melakukan penghasutan.

Kasus seruan people power itu lantas dilimpahkan ke Polda Metro Jaya. Penetapan status tersangka Eggi Sudjana tersebut dibenarkan oleh Polda Metro Jaya.

“Betul ditetapkan sebagai tersangka,” ujar Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Argo Yuwono dalam pesan singkatnya.

Tempo.co

Loading...