Beranda Ruwa Jurai Bandarlampung Server Sering Down, Pelayanan Pembuatan Izin Usaha di Pemkot Bandarlampung Terganggu

Server Sering Down, Pelayanan Pembuatan Izin Usaha di Pemkot Bandarlampung Terganggu

277
BERBAGI
Loket perizinan di Dinas Penanaman Modal-Periinan Terpadu Satu Pintu di Gedung Satu Pemkot Bandarlampung, Kamis, 18 Juli 2019 (Foto: Terasalampung.com/Dandy Ibrahim)
Loket perizinan di Dinas Penanaman Modal-Periinan Terpadu Satu Pintu di Gedung Satu Pemkot Bandarlampung, Kamis, 18 Juli 2019 (Foto: Terasalampung.com/Dandy Ibrahim)

TERASLAMPUNG.COM — Server internet yang sering turun (down) di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP)  menyebabkan pengurusan izin usaha di DPM-PTSP Kota Bandarlampung mengalami kendala.

“Saya sudah bolak-balik ke gedung satu atap ini untuk mengurus izin usaha saya tapi harus kembali lagi, karena kata petugas servernya sedang down,” kata Supri pengusaha jual beli ayam olahan di Way Halim

Salah seorang operator di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) yang enggan disebutkan namanya menceritakan, kendala yang dihadapinya disebabkan server di Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) RI mengalami kendala.

“Izin usaha sekarang menggunakan sistem online single submition (OSS) yang terintegrasi denga BKPM serta Dirjen Pajak dan kementrian terkain tergantung jenis usaha yang diajukan oleh pengusaha.”

“Nah jika salah satu dari sistem tersebut mengalami kendala atau down akan mengganggu kerja sistem yang lain. Kami di DPM-PTSP tidak bisa menginput data milik pengusaha yang mengajukan izinnya,” jelasnya.

Dia menambahkan terjadinya kendala atau downnya server di pusat ini sejak bulan Juni lalu. Hal itu dikarenakan akan adanya perubahan peningkatan pada sistem yang baru.

“Sewaktu saya ikut pelatihan di BKPM Jakarta , saya sudah diinfokan kalau OSS akan mengalami peningkatan sistem akan di update ke versi yang baru yang lebih canggih pastinya,” katanya.

Dia juga me ginformasikan bagi masyarakat yang ingin mendaftarkan izin usahanya secara online bisa masuk ke situs https://oss.go.id .

“Saya menyarankan baiknya menggunakan PC atau laptop sebab sistem ini gak bagus diakses dengan gawai. Kalau mengalami kesulitan dalam mengisi sendiri via situs tersebut. Pengusaha bisa datang ke gedung satu atap nanti ada petugas yang membantunya,” pungkasnya.

Dandy Ibrahim

Loading...