Beranda News Pusiban Setahun Menjabat Gubernur, Ridho Ficardo Belum Mampu (Sedikit) Realisasikan Janjinya

Setahun Menjabat Gubernur, Ridho Ficardo Belum Mampu (Sedikit) Realisasikan Janjinya

621
BERBAGI

TERASLAMPUNG.COM–  Genap setahun Ridho Ficardo menjabat sebagai Gubernur Lampung, 2 Juni 2015, banyak kritik dilontarkan warga Lampung. Baik di dunia maya maupun dunia nyata, kritik itu rata-rata menilai Gubernur Ridho Ficardo belum bisa memenuhi janji kampanye saat maju dalam pemilihan Gubernur Lampung pada 2014 lalu.

Budi Kurniawan, dosen FISIP Unila, menilai publik di Lampung belum tahu banyak prestasi yang ditorehkan Gubernur Ridho Ficardo. Menurut Budi,  prestasi utama Ridho adalah mengundang Presiden  Jokowi beberapa kali untuk melihat proyek jalan tol, dan pelabuhan. 

“Sedangkan program aslinya dia saya juga tidak tahu apa. Setahun sudah ia menjadi Gubernur,  tetapi saya tetap melihat listrik masih padam,” kata Budi.

Johansyah, sopir warga Tanjungbintang, Lampung Selatan, mengaku belum melihat karya nyata Gubernur Ridho selama setahun menjadi gubernur. Padahal, kata Johansyah, saat mendukungnya pada Pilgub 2014 lalu dirinya punya harapan besar bisa mengatasi masalah jalan di Lampung.

“Mininal jalan yang sering saya lalui, yaitu Jalan Ir. Sutami. Sampai sekarang masih buruk.Padahal itu termasui jalan provinsi,” kata Johansyah.

Di media sosial, kekecawaan terhadap Gubernur Ridho Ficardo juga merebak. Pemantauan Teraslampung di dua grup Facebook dan satu status Facebook menunnjukkan hampir sebagian besar pemilik akun Facebook yang berkomentar dengan nada pesimistis.

Pancingan yang dilakukan Maulana Mustika di Grup Inilampungdotcom, misalnya, tanggapan anggota grup itu bermacam-macam. Meskipun tidak fokus pada program utama Gubernur Ridho Ficardo, pemberi komentar di status yang ditulis Maulana Mustika mencerminkan kegagalan Ridho memimpin Lampung selama setahun ini.

Pemilik akun Facebook Widya Handayani Hossfeld , misalnya, menulis:  “Yaaa listrik….yang ternyata sejak tahun 2014 aku ke Lampung mati terus..kedap kedip…perangkat jadi rusak…

2015 eeehh masih juga ya…malees deeh ke Lampung….padahal ku suka ama pantai-pantainya.”

Karena banyak penanggap di grup itu yang tidak langsung mengritik Gubernur, Maulana Mustika pun dengan cerdik “merayu” anggota grup untuk memberikan masukan: “Mana nih lis nandar, Abdul Malik Salim,gus dio,..apa kritiknya buat perbaikan lampung k depan, moga2 dibaca ama cak ridho…”

Alur diskusi dunia maya di grup Inilampungdotcom yang dipandu Maulana Mustika lumayan mengalir. Ada yang berkomentar keras, ada pula yang meminta agar publik di Lampung memafhumi Ridho Ficardo.

Duskusi dunia maya yang lumayan “hidup” juga berlangsung di grup “We Love Lampung” yang dipandu Vivi Raisa. Sama seperti di grup Inilampungdotcom, sebagian besar anggota grup “We Love Lampung” yang memberikan komentar tentang setahun kepemimpinan Ridho Ficardo umumnya juga kecewa.

Beberapa di antaranya tidak mengritik Gubernur, tetapi mengirimkan foto jalan rusak.

Rama Pandu/Oyos Saros HN

Loading...