Setelah 19 Tahun, Piala Thomas Kembali Jadi Milik Indonesia

  • Bagikan
Jonatan Christie merayakan kemenangan mengalahkan pemain Denmark, Anders Antonsen di semifinal Piala Thomas 2020. Foto: Reuters via BBC
Jonatan Christie merayakan kemenangan mengalahkan pemain Denmark, Anders Antonsen di semifinal Piala Thomas 2020. Foto: Reuters via BBC

TERASLAMPUNG.COM — Tim bulutangkis Indonesia akhirnya memenangi final Piala Thomas (Thomas Cup) 2021 setelah mengandaskan perlawanan tim China dengan skor 3-0,  Ceres Arena, Aarhus, Denmark, Minggu (17/10/2021) malam WIB.

Inilah Piala Thomas ke-14 yang direbut Indonesia. Untuk bisa meraih ke-14 kalinya Piala Thomas, Indonesia harus ‘berpuasa’ sangat panjang. Setidaknya sejak 19 tahun terakhir Indonesia tidak pernah lagi menjari juara Piala Thomas.Piala Thomas menjadi dominasi China, Korea Selatan, dan Malaysia.

Tunggal kedua Indonesia menjadi penentu kemenangan setelah pada partai tunggal dan ganda Indonesia menang. Pemuda yang akrab sisapa Jojo itu menekil Li Shi Feng dengan rubber set: 21-14, 18-21, 21-14.

Jojo sebenarnya bisa memang dengan mudah dua gim langsung seandainya pada gim kedua ia tidak terlena. Pada gim kedua, Jojo justru berhasil ditekan lawannya. Meskipun saling kejar angka sering terjadi, bahkan Joko beberapa kali kerap unggul, namun gim kedua dituntaskan Li dengan skor 21-18.Pada rubber game itu, Jonatan dan Li saling membalas poin di awal-awal. Interval gim ketiga pun menjadi milik Li, kendati begitu Jonatan mampu langsung membalap dan memimpin 13-11.

Pada gim ketiga, Jojo sempat tertinggal. Namun, ia kemudian menemukan pola permainnya kembali dan kembali bisa menekan Li. Jo sempat memimpin 18-13. Namun, gim tidak kemudian mudah disudahi. Li masih terus melakukan perlawanan sengit. Hingga akhirnya gim ketika diselesaikan Joko dengan skor 21-14.

  • Bagikan