Beranda News Nusantara Setelah Viral karena Bisa Obati Kanker, Akar Bajakah Kini Laris Manis

Setelah Viral karena Bisa Obati Kanker, Akar Bajakah Kini Laris Manis

800
BERBAGI
Penjual akar bajakah dadakan di bilangan Jalan RTA Milono Km 6, Kota Palangka Raya mulai bermunculan, Kamis (15/8/19). (Foto Antara/Istimewa).

TERASLAMPUNG.COM — Setelah berita tentang hasil penemuan obat kanker oleh tiga siswi SMAN 2 Palangkaraya, akar pohon bajakah kini laris manis di pasaran. Masyarakat di Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah pun antusias “berburu” dan membeli akar bajakah, tanaman yang dianggap mampu menyembuhkan penyakit kanker.

BACA: Obat Kanker Temuan Siswi SMAN 2 Palangkaraya Segera Dipatenkan

Informasinya akar Bajakah tersebut bukan hanya mampu menyembuhkan kanker, tapi juga berbagai penyakit lainnya, kata salah seorang warga Jalan RTA Milono, Diah di Kota Palangka Raya, Kamis, 15 Agustus 2019.

“Jadi, saya ikut membeli akar bajakah dari salah seorang pedagang di kawasan RTA Milono. Saya belinya untuk konsumsi sendiri saja,” katanya.

Diah mengaku, mendapat informasi dari pedagang tersebut bahwa akar bajakah yang dijual itu, diambil dari dalam hutan dan juga tidak dengan cara sembarangan, melainkan didahului ritual khusus, sehingga fungsi akar bajakah yang dimanfaatkan menjadi obat tradisional bisa dikonsumsi mereka yang terkena penyakit.

Diah mengatakan dengan adanya pemberitaan di sejumlah media mengenai khasiat bajakah, banyak pedagang dadakan menjual batang ataupun akar bajakah di sejumlah tempat.

“Sejak adanya pemberitaan mengenai khasiat ramuan obat bajakah bisa menyembuhkan penyakit kanker, banyak yang menjual bahan obat tradisional tersebut yang disebut didapatkan dari hutan Kalimantan Tengah,” katanya.

Wanita itu menambahkan, harga jual akar tersebut bervariasi dari harga Rp50-100 ribu per kilogramnya ataupun perbatangnya.

“Ya masyarakat membeli akar bajakah itu dengan maksud membuktikan khasiatnya secara langsung, makanya masyarakat berbondong-bondong membeli benda tersebut,” kata Diah.

Hal senada juga dikatakan Dodi, pria berumur 33 tahun ini membeli akar bajakah dari seorang warga yang berada di Jalan Beliang Palangka Raya dengan harga Rp100 ribu satu meternya.

Dia mengungkapkan, akar bajakah yang dibelinya itu didapat dari hutan di luar daerah itu.

Menurut dia, khasiat batang akar tersebut memang benar, bisa menyembuhkan segala penyakit manusia.

“Sebelum dikonsumsi batang tersebut dibersihkan kemudian akarnya direbus sampai airnya mendidih, setelah airnya didinginkan lalu diminum,” kata Dodi.

Batang akar tersebut juga banyak dijual melalui media sosial baik Facebook, Instagram serta medsos lainnya.

Khasiat obat kanker bajakah ini diteliti oleh murid SMA 2 Palangka Raya, Anggina Rafitri, Aysa Aurealya Maharani dan Yazid, dibimbing guru Helita Gusran.

Tempo.co

Loading...