Beranda Teras Berita Setiap Pemimpin Ada Massanya, Setiap Massa Ada Pemimpinnya

Setiap Pemimpin Ada Massanya, Setiap Massa Ada Pemimpinnya

1526
BERBAGI

Pada 86 tahun yang lalu atau tepatnya tanggal 28 oktober 1928 sejarah bangsa ini berawal, yaitu ketika sekelompok pemuda dengan pemikiran yang sama dan visi besarnya membangun kesadaran cinta tanah air hubul wathan minal iman.

Akhirnya para pemuda pejuang itu mendeklarasikan sebuah janji yang kemudian terkenal dengan sebutan Sumpah Pemuda.  Sejarah mencatat bahwa generasi muda adalah bagaikan cahaya yang memberikan inspirasi tentang jiwa kepahlawanan, jiwa patriotisme serta diiringi dengan semangat menggelora, optimis dan pantang menyerah. Ir. Soekarno bapak proklamator mengatakan, “Berikan aku 10 orang pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia!”

Ungkapan yang tentunya tidak hanya diucapkan tanpa perhitungan namun beliu sadar kalau pemudalah yang harus menjadi garda terdepan untuk mengubah peradaban Bumi Pertiwi. Pemuda harus mampu menjadi pionir di tengah masyarakatnya karena mau tidak mau suka tidak suka masa depan bangsa ini ada di pundak pemuda saat ini. Apabila pemuda hari ini tidak berbuat sesuatu yang positif dan malah melakukan tindakan-tindakan yang meresahkan maka kehancuranlah yang akan terjadi.

Seiring pergantian waktu, pemuda-pemuda visioner dan idealis ketika itu, kini barangkali berganti dengan pemuda yang berkarakter pragmatis. Di bulan Ramadan 1435 H bertepatan dengan jelang hari proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia diharapkan mampu menjadi kawah candradimuka yang tepat untuk melahirkan generasi muda yang kreatif dan mampu berinovasi sesuai dengan keahliannya masing-masing.

Seperti sebuah ungkapan  “setiap pemimpin itu ada massanya dan setiap massa ada pemimpinnya” maka kesadaran akan jiwa nasionalisme harus selalu terpateri dihati para generasi muda negeri ini.

Heri Amanudin 
Ketua  Pimpinan Cabang GARUDA KPP-RI Kabupaten Way Kanan-LAMPUNG

Loading...