Beranda Headline Setya Novanto Dipindahkan ke Rumah Tahanan KPK

Setya Novanto Dipindahkan ke Rumah Tahanan KPK

215
BERBAGI
Setya Novanto dibawa keluar dari RSCM untuk ditahan di Rutan KPK, Minggu malam, 19 November 2017 (Foto @kompas.com)

TERASLAMPUNG.COM — Ketua DPR RI Setya Novanto ditahan di rumah tahanan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Minggu malam (19/11/2017). Dalam konferensi pers yang digelar KPK, Minggu malam (19/11/2017), Wakil Ketua KPK La Ode Muhammad Syarif terlihat sangat berhati-hati. Ia memakai bahasa halus dengan istilah ‘SN dipindahkan ke Rutan KPK’.

Menurut La Ode, pemindahan Setya Novanto ke Rutan KPK dilakukan setelah pihaknya mendapatkan hasil pemeriksaan dari pihak RSCM dan second opinion dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) yang menyimpulkan bahwa Ketua DPP Partai Golkar itu sudah tidak ada indikasi untuk (dilanjutkan) dirawat di RSCM.

“Pihak RSCM sudah melakukan pemeriksaan dan pemantauan kesehatan Bapak SN sejak Jumat hingga Minggu. Hari ini kami mendapatkan laporan dari RSCM bahwa sudah tidak ada indikasi Bapak SN perlu dirawat lagi di RSCM,” kata La Ode.

Soal pemeriksaan Setya Novanto yang ‘memakan’ waktu hingga tiga hari (Jumat hingga Minggu), La Ode mengatakan bahwa waktu tersebut cukup untuk mendapatkan hasil pemeriksaan yang maksimal.

BACA: Saut Situmorang: Kalau Sudah Sehat, Setya Novanto akan Segera Dibawa ke KPK

“Makin lama pemeriksaan makin bagus. Itulah sebabnya pemeriksaan hingga tiga hari,” kata La Ode.

Hal serupa diungkapkan Dirut RSCM dr. Soejono. Menurut Soejono, pihaknya perlu melakukan pemeriksaan secara komprehensif hingga menghasilkan kesimpulan akhir tentang apakah Setya Novanto perlu perawatan lanjutan atau tidak.

Sebelumya, Wakil Ketua KPK Saut Situmorang di sela-sela acara kampanye Ngamen Anti-Korupsi di pelataran Stasiun Tanjungkarang, Bandarlampung, mengatakan bahwa jika dalam beberapa jam ke depan Setya Novanto sehat maka pihaknya akan membawa Setya Novanto ke KPK.

Pada Minggu malam pukul 23.00 WIB,  Setya Novanto yang duduk di kursi roda dibawa keluar dari RSCM. Tidak lama kemudian ia memakai rompi warna oranye dan dibawa ke Kantor KPK.

 

Loading...