Beranda News Pusiban Siapa Paling Layak Menjabat Sekda Provinsi Lampung?

Siapa Paling Layak Menjabat Sekda Provinsi Lampung?

257
BERBAGI
Kantor Gubernur Lampung
Kantor Gubernur Lampung

TERASLAMPUNG.COM — Jabatan Sekretris Daerah Provinsi Lampung kini sedang dilelang. Lima pejabat Pemprov Lampung mengikuti proses lelang yang dimulai dengan pendaftaran, uji kompetensi, uji makalah, dan wawancara oleh tim panitia seleksi.

Ada lima peserta lelang jabatan itu. Yaitu Plt Sekdaprov Lampung  Sutono, Asisten Adeham, Kepala Bappeda Taufik Hidayat, Kepala Dinas Pendidikan Heri Suliyanto, dan Kepala Perpustakaan Daerah Herlina Warga Negara.

Hingga Rabu (17/8/2016) mereka sudah mengikuti seleksi hingga tahap uji makalah. Namun, dari lima calon itu kini tinggal empat yang akan bersaing. Sebab, pada Selasa (16/8/2016), Heri Suliyanto dinyatakan gagal.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Lampung, Zaini Nurman, mengumumkan gagalnya Heri. Namun, Zaini enggan menyebutkan penyebabnya.

“Selanjutnya empat calon lain akan mengikuti tes wawancara dan pemaparan visi misi pada 18 Agustus 2016. Pmaparan dan wawancara dengan Tim Pansel,” kata Zaini.

Publik di Lampun sebenarnya sangat berharap proses lelang jabatan Sekdaprov Lampung benar-benar terbuka dan adil. Terbuka artinya publik bisa mengikuti proses seleksi. Setidaknya tiap tahapan seleksi dan perkembangan yang terjadi diumumkan secara terbuka lewat media massa atau media sosial.

“Sebab,kalau proses lelang jabatan ini berhasil nantinya bisa dicontoh daerah lain. Jadi, jangan seperti kocok bekem. Seolah-olah ada lelang jabatan dan seleksi terbuka tetapi Gubernur sebagai pihak yang akan memberikan putusan akhir sudah mengantongi nama jagoannya,” kata Agus, warga Kedaton,Bandarlampung.

Hal serupa diungkapkan netizen. Bahkan, saking punya harapan besar, ada juga netizen yang sudah mengekspose jagonya. Tentu saja, jago netizen tersebut menuai banyak tangapan karena sangat subjektif lantaran memiliki kedekatan dengan calon tertentu.

Siapa sebenarnya paling layak di antara empat calon itu. Hasil penelusuran Teraslampung.com terhadap rekam jejak dan wawancara 10 sumber di lingkungan Pemprov menunjukkan bahwa keempatnya sebenarnya layak jadi Sekdaprov. Namun, ada kecenderungan sumber yang kami wawancarai menginginkan ada perubahan gaya sosok Sekdaprov Lampung.

Penelusuran rekam jejak yang dilakukan Teraslampung.com menunjukkan ada calon yang kecerdasannya di atas kebanyakan kepala Satker. Indikatornya, taktis ketika menjawab pertanyaan wawancara dengan tema terkait satkernya dan isu pembangunan di Lampung. Ada juga calon yang ketika menjabat Kabid di satker tertentu sudah tampak ambisius pegang jabatan penting. Selain itu, ada calon potensial yang justru selama ini kurang diperhaatikan Gubernur Ridho Ficardo.

“Kita pernah punya Sekda yang berwibawa, ada juga yang biasa-biasa saja, juga ada yang garang. Sekda itu kan tangan Gubernur, tentunya harus bisa mengimbangi Gubernur. Masalahnya, apakah Gubernur akan memilih tipe yang cool, tipe asal bapak senang (ABS) alias penjilat, tipe pekerja, tipe pemain politik, atau seperti apa. Kita-kita sihsebenarnya sudah tahu siapa saja yang calon yang punya tipe-tipe itu. Tapi tak etis disebutkan,” kata seorang kepala seksi di sebuah Satuan Kerja Pemprov Lampung.

Tim Teraslampung

Loading...