Beranda News Pusiban Sidak Dinas Peternakan Lampung: Semua Kambing Kurban Sehat

Sidak Dinas Peternakan Lampung: Semua Kambing Kurban Sehat

164
BERBAGI
Lapak pedagang kambing kurban di jalan Rasuna Said, Bandarlampung.
Lapak pedagang kambing kurban di jalan Rasuna Said, Bandarlampung.

TERASLAMPUNG.COM- Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Lampung melakukan inspeksi mendadak (sidak) di sejumlah lapak penjualan hewan kurban, Senin, 5 Agustus 2019.

Tim bergerak ketiga titik lokasi lapak penjualan hewan kurban di Bandarlampung. Antara lain Jalan Rasuna Said, Jalan Wolter Monginsidi, dan di sekitar Golden Tulip.

Hasilnya: hewan kurban yang dijual di lapak– terutama kambing–dalam kondisi sehat dan belum ditemukan penyakit menular hewan.

“Hari ini kami turun kelapangan dan mengecek langsung lapak penjualan hewan kurban . Hasilnya rata rata kambing yang dijual sehat dan belum ditemukan penyakit menular hewan. Tetapi ada beberapa hewan yang belum masuk umurnya untuk dikurbankan, hanya boleh dipotong untuk akikah saja,” kata Kepala Bidang Kesehatan Hewan (Keswan) dan Kesehatan Masyarakat Veteriner (Kermavet),  drh. Anwar Fuadi.

Menurut Anwar, sidak ini dilakukan oleh tiga tim dari dinas perkebunan dan peternakan, balai fetener serta perhimpunan dokter hewan Indonesia cabang Lampung.

“Kami sudqh mengambil sampel dan akan diperiksa di balai fertener. Semoga tidak ada penyakit menular hewan,” katanya.

Tim ini akan bertindak hingga satu minggu ke depan sampai dengan Jumat.

“Senin ini kami bergerak lalu dilanjutkan oleh tim dari kabupaten/ kota . Intinya kami akan terus memantau seminggu ke depan dan kami juga memberikan kontak kepada masyarakat untuk memeriksa hewan kurban hingga H-1,” jelasnya.

Loading...