Beranda News Pusiban Sidak Kemendag di Lampung: Stok Sembako Aman Jelang Ramadan

Sidak Kemendag di Lampung: Stok Sembako Aman Jelang Ramadan

182
BERBAGI
Pejabat Kemendag dan Dinas Perdagangan Lampung di Pasar Pasir Gintung, Kamis, 2 Mei 2019.
Pejabat Kemendag dan Dinas Perdagangan Lampung di Pasar Pasir Gintung, Kamis, 2 Mei 2019.

TERASLAMPUNG.COM — Hasil inspeksi mendadak (sidak) Kementerian Perdagangan RI bersama Dinas Perdagangan Provinsi Lampung di Pasar Pasir Gintung,Bandarlampung, Kamis (2/5/2019), menyimpulkan stok sembako empat hari menjelang Ramadan aman. Selain itu, harga sembako di pasar tersebut juga relatif stabil.

“Semuanya stok aman dan stabil hingga lebaran ,mulai dari dari bawang merah, cabe rawit,cabe merah kriting juga daging segar,gula pasir dan juga minyak goreng kecuali bawang putih ,” kata Kepala Badan Pengkajian dan Pengembangan Perdagangan Kemendag RI Kasan didampingi oleh Kadis Perdagangan Provinsi Lampung Satria Alam.

Soal kecurangan dari pedagang “nakal’, Kadis Perdagangan Satria Alam menjelaskan bila terjadi di provinsi Lampung akan ada tim dari satgas pangan yang menangani masalah tersebut.Tim ini juga ada dikabupaten/kota akan segera melakukan sidak di gudang-gudang distributor.

“Kalau ada gejolak harga kita bisa cek, dan kalau ada barangnya di distributor tapi harga naik.Tapi kalau sekarang di bawang putih harga naik karena memang barangnya tidak ada,’’ jelas Satria Alam.

Kadis juga menegaskan akan bergerak cepat jika ada pedagang yang ‘nakal’.

“Habis ini kita akan cek lapangan lagi di pasar lainnya,kita juga akan rapat koordinasi lagi,” katanya.

Berdasarkan hasil sidak, diketahui harga bawang merah Rp35 ribu/kg, pasokan aman dari brebes.Sementara itu bawang putih berkisar antara Rp50 ribu-Rp55/kg tergantung kualitas bawangnya,cabe merah keriting Rp 20 ribu/kg. Selain itu harga daging merah segar juga relatif masih normal Rp 110/kg.

Selain melakukan sidak dipasar pasir gintung,tim dari Kemendag juga menyasar ritel modern yakni Transmart lampung.

Kasan mengatakan beberapa harga kebutuhan pokok yang ditawarkan di transmart cukup menarik karena harganya di bawah HET.

‘Di Transmart, beras premium di bawah HET,minyak kemasan atau minyak goreng curah, daging segar,daging beku stok lagi habis.Semuanya harga di HET,stok juga aman,tidak usah kuatir jelang puasa sampai Lebaran.harganya relatif stabil tidak ada pergerakan. Saya rasa disini bisa jadi rujukan di transmart ini, minimal harganya sama dengan pasar tradisional,’ katanya.

Kasan juga mengingatkan masyarakat jangan kuatir dan cemas,harga akan kita pantau terus, dan belanjalah Fenomena masyarakat belanjalah sesuai kebutuhan bukan keinginan.

Mas Alina

Loading...