Beranda News Sidak Senjata, Danlanal Lampung Ingatkan Prajurit tidak Miliki Senjata Ilegal

Sidak Senjata, Danlanal Lampung Ingatkan Prajurit tidak Miliki Senjata Ilegal

323
BERBAGI
Pemeriksaan senjata di Pangkalan Angkatan Laut Lampung di Piabung, Pesawaran, Jumat pagi (20/1/2017).

TERASLAMPUNG.COM — Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Lanal Lampung, Letkol Laut (P) Kelik Haryadi, melakukan sidan senjata, di Markas Pangkalan Angkatan Laut Piabung, Pesawaran, Jumat pagi (20/1/2017). Sidak dilakukan di sela-sela para prajurit Lanal melakan olahraga pagi.

Dalam sidak tersebut Letkol Kelik Haryadi meminta kepada Kamandan Satuan Markas (Dansatma) Lanal untuk segera mengeluarkan beberapa senjata yang tersimpan di gudang.

“Kita periksa senjata inventaris senjata Lanal, laras panjang maupun laras pendek dan amunisinya” kata Letkol Kelik, usai olahraga rutin dengan para prajurit Lanal.

Kelik mengatakan tentara  harus disipilin.

“Jadi bukan apel pagi atau apel siang saja, dalam pemberian ijin penggunaan senjata kita melalui banyak tahapan, dari mulai kesehatan, psikologi, screening, surat perintah dan pembekalan dalam tentang SOP pemakaian senjata,” tegasnya.

Kelik menegaskan, dalam pemakaian senjata prajurit selalu dibekali dengan Sprin dan Surat Ijin Senjata (SIS) dan Kartu Pemeriksaan Senjata (SIS) yang setiap waktu kita cek, agar dilapangan mereka tidak gegabah main gagah-gagahan saja.

“Senjata itu penting bagi seorang prajurit selain untuk mengamankan dirinya juga dia harus bisa mempertanggung jawabkan ke dinas melalui berita acara pemakaian setiap butir peluru yang di keluarkan, senjata dan amunisiitu di beli dari uang rakyat,” tandasnya.

Kelik mengatakan, prajurit tidak boleh menyimpan, memiliki, menjual atau menggunakan senjata diluar ketentuan atau illegal.

“Hukumannya sangat berat, bisa dihukum mati, atau penjara seumur hidup atau penjara setinggi-tingginya dua puluh tahun. Itu ada Undang-uUdangnya, yaitu UU No. 12 Th. 1951 dan Perpu No. 20 Tahun 1960,” kata Kelik,  didampingi Palaksa, Dandenpomal dan Para perwira Lanal.

Apel pagi dan olah raga yang dilaksanakan dua kali dalam seminggu ini di ikuti oleh seluruh anggota militer dan PNS Lanal Lampung bertempat di Mako Satma Panjang.