Beranda Hukum Korupsi Sidang Gratifikasi APBD Tanggamus 2016: APBD 2016 Disahkan, Ketua Fraksi Dapat...

Sidang Gratifikasi APBD Tanggamus 2016: APBD 2016 Disahkan, Ketua Fraksi Dapat Jatah Rp 65 Juta

385
BERBAGI
Bupati Tanggamus nonaktif Bambang Kurniawan saat tiba di PN Tanjungkarang, Senin (13/3/2017).

Zainal Asikin|teraslampung.com

BANDARLAMPUNG — Sidang tipikor di PN Tanjungkarang dengan terdakwa Bupati Tanggamus nonaktif Bambang Kurniawan, Senin (13/3/2017) mengungkap fakta mengejutkan. Jaksa penuntut umum membeberkan usai pengesahan APBD 2016, Bambang Kurniawan selaku Bupati Tanggamus membagikan uang dengan jumlah sebesar Rp 493.350.000 kepada para anggota DPRD Tanggamus.

Jaksa penuntut umum (JPU), Trimulyono mengatakan, Bambang memanggil ketua fraksi PDIP Ikhwani ke kantornya. Saat itu, Bambang menyerahkan uang senilai Rp 325 juta ke Ikhwani untuk dibagikan kepad para ketua fraksi.

“Ikhwani memberikan uang tersebut kepada Pahlawan Usman, Tedi Kurniawan, Herlan Adianto, Agus Munanda dan Baheran. Masing-masing, mendapat sebesar Rp 65 juta,”ujar Trimulyono di Pengadilan Tipikor Pengadilan Negeri Tanjungkarang, Senin (13/3/2017).

Selanjutnya, kata Trimulyono, Bambang meminta Pahlawan Usman untuk datang menemui dirinya di rumahnya. Bambang kembali menyerahkan uang sebesar Rp 130 juta, uang tersebut untuk dibagikan ke anggota fraksi kebangkitan bangsa.

Pada 6 Desember 2016, Irwandi Suralaga bersama Kurnain datang ke rumah Bambang setelah mendapat telepon dari ajudan Bambang. Saat itu Bambang menyerahkan uang ke Irwandi sebesar Rp 40 juta, dan esok harinya, Bambang memberikan uang ke Tia Fristi sebesar Rp 60 juta dan uang itu untuk diberikan ke Budi Sehantri dan Ahmad Farid.

Tia menyerahkan uang itu ke Ahmad Farid melalu staf honorer DPRD Tanggamus. Farid menyerahkan uang Rp 30 juta ke Buda Suhantri saat di SPBU Talang Padang. Kemudian Tedi Kurniawan datang ke rumah pribadi Bambang, pada (7/12/2016) lalu.

Bambang menyerahkan uang Rp 60 juta ke Tedi untuk diberikan ke Sri Wulandari dan Muhtar. Di hari yang sama, Bambang juga menyerahkan uang ke Herlan Adianto sebesar Rp 38,6 juta. Uang tersebut untuk Sumiyati, Fauzi, Diki dan Farizal.

Herlan menyerahkan uang tersebut ke Sumiyati saat di rumah makan di Bandarlampung, lalu menghubungi Farizal dan Diki untuk membahas pemberian uang dari Bambang.

kemudian, Ikhwani meminta Heri Ermawan, Nursyahbana, Hailina dan Tahzani ke ruang kerjanya Bambang, pada (8/12/2017). Heri dan Hailina, masing-masing dapat Rp 30 juta dan Nursyahbana dapat Rp 40 juta.

Bambang meyerahkan uang Rp 29,9 juta ke Tahzani, selain itu juga Bambang menitipkan uang kepda Tahzani sebesar Rp 60 juta. Uang tersebut, diperuntukkan kepada Tri Wahyuningsih dan Imron.

Berselang beberapa jam kemudian, datang Kurnain menemui Bambang dan Bambang memberikan Kurnain Rp 40 juta.

“Jadi total uang yang diberikan terdakwa Bambang ke para anggota DPRD Tanggamus tersebut, sebesar Rp 493.350.000,”ungkap Trimuyono.

Loading...