Beranda Teras Berita Sidang Kasus Century: Boediono Berkukuh Bak Century Memang Harus Diselamatkan

Sidang Kasus Century: Boediono Berkukuh Bak Century Memang Harus Diselamatkan

158
BERBAGI
Mantan Gubernur Bank Indonesia, Boediono
Mantan Gubernur Bank Indonesia, Boediono

Dewi Ria Angela/Teraslampung.com

Boediono (ist)

JAKARTA – Wakil Presiden Boediono berkukuh bahwa jika tidak segera mengambil keputusan cepat ,kegagalan Bank Century akan berdampak sistemik dan menyebabkan krisis moneter di Indonesia. Maka, ia selaku Gubernur Bank Indonesia ketika itu mengusulkan kepada Menteri Keuangan untuk mengambil kebijakan dengan memberikan Pemberian Fasilitas Pendanaan Jangka Pendek (FPJP) dan menetapkan Bank Century sebagai bank gagal berdampak sistemik.

Alasan itu disampaikan mantan Gubernur BI Boediono dalam kesaksiannya pada persidangan kasus dugaan korupsi pemberian FPJP dan penetapan Bank Century sebagai bank gagal berdampak sistemik dengan terdakwa Budi Mulya di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Jumat (9/5/2014).

Di hadapan Majelis Hakim Pengadilan Tipikor Boediono mengatakan, berdasarkan analisis pihaknya Bank Century pada 2008 lalu itu harus diselamatkan. Jika tidak, kata dia, akan meleset. Alasan itu kata Boediono berdasarkan pengalaman dirinya selama 30 tahun lebih menangani ekonomi di pemerintahan.
“Yang mulia, saya 30 tahun (menangani masalah ekonomi), sehingga saya yakin kalau terjadi bank jatuh saat itu akan mengalami krisis seperti 1997 sampai 1998. Biayanya juga pasti tidak murah dan akan memiliki dampak sosial dan politik,” kata Boediono.

Waki Presiden RI itu tetap meyakini bahwa  kegagalan Bank Century memang berdampak sistemik. Pasalnya, situasi krisis ekonomi 2008 hampir mirip pada 1997 dan 1998. Menurut Boediono, saat itu Indonesia sudah masuk dalam pusaran krisis dan mesti segera dicarikan jalan keluarnya.

“Ada likuiditas yang kering di perbankan karena uang mengalir ke luar (negeri). Aliran likuiditas antarbank macet. Antarbank tidak lagi saling percaya. Kalau ada kelebihan likuiditas maka akan disimpan sendiri. Padahal biasanya tidak seperti itu,” kata Boediono.

Menurut Boediono jika satu bank mengalami kendala, dikhawatirkan akan membuat goyang perekonomian Indonesia. Itulah sebabnya Bank Century harus diselamatkan.

Loading...