Beranda Hukum Narkoba Sidang Kasus Narkoba Sekda Tanggamus dkk Berlangsung Sangat Cepat

Sidang Kasus Narkoba Sekda Tanggamus dkk Berlangsung Sangat Cepat

465
BERBAGI
Sidang perdana kasus narkotika dengan terdakwa Sekda Tanggamus non aktif, Mukhlis Basri bersama dua terdakwa lainnya Oktarika alias Oca (PNS Provinsi Lampung) dan Doni Lesmana di Pengadilan Negeri Tanjungkarang. (Ketiga terdakwa duduk paling kanan).

Zainal Asikin|Teraslampung.com

BANDARLAMPUNG — Terdakwa Sekda Tanggamus non Aktif, Mukhlis Basri, Oktarika alias Oca (PNS Provinsi Lampung) dan Doni Lesmana yang terjerat kasus narkotika, menjalani sidang perdana kasus narkotika di Pengadilan Negeri Tanjungkarang, Selasa (21/2/2017).

Sidang tersebut berlangsung sangat cepat, setelah mendengarkan pembacaan dakwaan dari penuntut umum, dilangsungkan dengan keterangan saksi dan terdakwa.

Sidang kasus narkotika dengan terdakwa Sekda Tanggamus non aktif, Mukhlis Basri bersama dua terdakwa lainnya, Oktarika dan Doni Lesmana. Penuntut umum menghadirkan tiga orang saksi, dua saksi dari Direktorat Reserse Narkoba Polda Lampung, dan satu saksi merupakan dokter Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Lampung.

Sedangkan kuasa hukum Mukhlis Basri, menghadirkan satu orang saksi ahli hukum pidana dari Universitas Lampung (Unila). Setelah mendengar keterangan para saksi, majelis hakim melanjutkan dengan keterangan para terdakwa.

Kemudian, sidang kasus narkotika tersebut, akan dilanjutkan kembali pada pekan depan dengan agenda mendengarkan tuntutan jaksa penuntut umum (JPU).

Sidang kasus narkotika dengan terdakwa Mukhlis Cs ini, termasuk sidang paling cepat dibandingkan pada sidang-sidang kasus lainnya yang digelar di Pengadilan Negeri (PN) Tanjungkarang. Biasanya sidang dari dakwaan hingga keterangan terdakwa, membutuhkan waktu paling cepat selama dua bulan.

Sejak bergulir dan ditangani Polda Lampung, kasus ini menjadi perhatian publik. Beberapa wartawan yang biasa meliput di Polda Lampung dan Kejati Lampung pun sempat ‘tidak enak hati’ karena ada juga perhatian dari pihak keluarga besar Mukhlis Basri dan pentolan wartawan senior yang dikenal memiliki kedekatan dengan Mukhlis Basri.