Beranda News Lingkungan Sispala LGH Gelar Pendidikan Lingkungan Hidup di SMPN Satap 1 Kalianda

Sispala LGH Gelar Pendidikan Lingkungan Hidup di SMPN Satap 1 Kalianda

639
BERBAGI
Pendidikan Lingkungan Hidup di SMPN Satap 1 Kalianda.

TERASLAMPUNG.COM — Sispala LGH (Siswa Pecinta Alam Lingkar Generasi Hijau) SMA Maarif 1 Sukatani bersama semua organisasi SMA Ma’arif 1 Sukatani Kalianda — Pramuka, PMR, Silat Kesti TTKKDH, IPNU/IPPNU, Teater/Seni, Paskibra dan Tim Fasilitator Pelajar — menggelar Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH) di SMPN Satap 1 Kalianda, Jumat, 1 Februari 2019. Kegiatan ini diikuti 80 siswa/siswi kelas 7, 8 dan 9.

Dalam audiensi/diskusi dengan Waka Kesiswaan disepakati bahwa PLH ini selanjutta akan dilaksanakan pada setiap hari Jumat.

Hermansyah, Pembina Sispala LGH dan  Direktur Eksekutif Wanacala Lampung, mengatakan kegiatan ini bertujuan membangun kesadaran dan kepedulian pelajar tentang lingkungan hidup, meningkatkan pengetahuan dan kemampuan siswa/siswi sekolah akan pentingnya lingkungan hidup, dan membangun kepedulian siswa/siswii di usia dini.

“Materi yang akan disampaikan ini sesuai dengan kebutuhan atau potensi sekolah yaitu tentang lingkungan hidup secara umum, sampah, ccobrick, kebun organik (kompos), sanitasi, dan penanaman pohon sesuai dengan Gerakan Lampung Menghijau,” kata Hermansyah, Selasa, 5 Februari 2019.

Menurut Hermansyah, Lampung Selatan merupakan salah satu wilayah yang sangat luas dengan memiliki potensi sumber hutan (pegunungan dan mangrove), potensi wisata (hutan, pesisir dan religi),  dan potensi bencana.

“Semua potensi yang ada di Lampung Selatan ini semuanya telah dikelola oleh semua pihak. Kami  menganggap penting memberikan pemahaman soal potensi-potensi ini kepada generasi-generasi yang ada di sekolah-sekolah, karena mereka semua adalah para generasi penerus yang akan melanjutkan pembangunan ini,” katanya.

Herman mengatakan, bencana alam yang akhir-akhir ini terjadi di Lampung Selatan bukan tanpa sebabnya. Menurutnya, ada beberapa penyebab yang mendorong Bencana ini terjadi di Lampung Selatan.

“Misalnya pengelolaan hutan yang tidak baik, buang Sampah sembarangan, hilangnya pohon mangrove, sempitnya drainase, kurangnya pepohonan, dan lain-lain. Hal inilah yang kita akan sampaikan kepada semua pelajar soal pemahaman lingkungan,” katanya.

Sodiq,  Waka Kesiswaan SMPN Satap 1 Kalianda mengaku sangat senang dengan adanya kegiatan ini.

“Karena kegiatan ini akan membangun pola pikir siswa kedepannya lebih cinta terhadap lingkungan dan berharap kegiatan ini terus dilakukan di sekolah kami,” kata dia.

Kepala Dinas Pendidikan Lampung Selatan, Thomas Amirico, menyampaikan ia  sangat mendukung kegiatan yang diselenggarakan oleh Sispala LGH yang di dampingi oleh Wanacala Lampung.

“Semoga kegiatan ini menambah kecintaan dan kepedulian siswa/siswi terhadap lingkungan sekitar,” katanya.

Loading...