Siswa SMP di Lamsel Tak Ada yang Ikuti UN di LP

  • Bagikan
Bupati Lampung Selatan Zainudin Hasan, saat meninjau Pelaksanaan Ujian Nasional (UN), di SMP Negeri 1 Candipuro, Senin (9/5). (Foto Diskominfo Lamsel).

KALIANDA, Teraslampung.com – Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Lampung Selatan menyatakan, pada pelaksanan Ujian Nasioanal (UN) tingkat SMP sederajat untuk tahun ajaran 2015-2016 di Kabupaten Lampung Selatan, tidak ada laporan siswa yang mengikuti UN di Lembaga Pemasyarakatan (LP) Kelas II A Kalianda.

Menurut Kepala Seksi Pendidikan Menengah (Kasi Dikmen) Nini Triani, mewakili Kepala Disdik Lamsel Burhanudin, jika terdapat siswa SMP atau MTs yang akan melaksanakan UN di LP Kalianda, pastinya ada laporan pemberitahuan yang masuk ke Disdik Lampung Selatan.

“Kalaupun memang ada siswa yang mengikuti UN di lembaga permasyarakatan, pasti kami diinformasikan melaui surat pemberitahuan,” ujar Nini Triani, saat ditemui di ruangkerjanya, Senin (9/5).

Nani menjelaskan, untuk pelaksanaan UN tingkat SMP/MTs tahun 2016, diikuti peserta sebanyak 16.292 siswa dengan rincian siswa SMP sebanyak 10.882 peserta dan MTs sebanyak 5.410 peserta. Menurutnya, untuk mata pelajaran yang di ujikan meliputi pelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika dan IPA.

“Dalam pelaksanaan UN ini, peserta mendapat pengawasan dari para guru yang ada di tiap-tiap sekolah di Lampung Selatan, dengan menggunkan sistem silang. Artinya, yang melakukan pengawasan adalah guru dari sekolah lain, bukan guru siswa itu sendiri,” jelasnya.

Dikatakannya, bahwa untuk ujian nasional di tahun 2016 ini, bukan merupakan target untuk kelulusan para siswa. Namun, kelulusan sekolah akan ditentukan oleh nilai Ujian Akhir Sekolah (UAS), dan ditambah dengan nilai laporan sekolah serta nilai UN.

“Untuk soal-soal UN ini yang mengelurkannya adalah pemerintah pusat yang telah di distribusikan dari Provinsi ke Kabupaten Lampung Selatan,” katanya. (Iwan J Sastra)

  • Bagikan