Beranda News Nusantara Siswi MTs Ma’arif Pare Juara Lomba Baca Puisi FAM Indonesia

Siswi MTs Ma’arif Pare Juara Lomba Baca Puisi FAM Indonesia

185
BERBAGI
 Sekjen FAM Indonesia Aliya Nurlela memberikan hadiah kepada pemenang Lomba Baca Puisi Tingkat SLTP/SLTA se-Kabupaten Kediri, Sabtu (30/4), di aula STAIN Kediri. 

Kediri, Teraslampung.com  – Siswi Madrasah Tsanawiyah Swasta Ma’arif Pare Kediri, Inthesa Nurseptiana, dinobatkan sebagai juara pertama Lomba Baca Puisi yang ditaja Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia. Di urutan kedua diraih Elma Ardelia F, siswi SMP Negeri 3 Kediri, dan Juara 3 Siti Nur Ainin M, siswi MA Ma’arif NU Kepung.

“Ketiga pemenang mendapat hadiah dari FAM Indonesia berupa uang pembinaan, trophy, paket buku dan piagam penghargaan,” ujar Aliya Nurlela, Sekjen FAM Indonesia melalui siaran pers yang diterima media ini, Senin (2/5).

 Dia menyebutkan, lomba yang digelar pada Sabtu (30/4) di aula STAIN Kediri itu, diikuti puluhan siswa SLTP dan SLTA se-Kabupaten Kediri. Juri mengundang Nur Habib (Penyair,, staf pengajar, pendiri Komunitas Cekakik) dan Eko Prasetyo (Jurnalis dan Penulis).

 Selain menggelar Lomba Baca Puisi, ungkap Aliya Nurlela, pada kesempatan tersebut juga diluncurkan FAM Goes to Campus & School dan Divisi Perempuan FAM Indonesia. FAM Goes to Campus & School merupakan gerakan literasi FAM Indonesia bekerja sama dengan perguruan tinggi dan sekolah-sekolah di daerah.

 Sementara Divisi Perempuan merupakan divisi khusus yang dibentuk FAM Indonesia sebagai wadah diskusi dan berbagi ilmu kewirausahaan untuk perempuan-perempuan Indonesia yang aktif dan kreatif.

 “FAM Goes to Campus & School sejalan dengan tujuan FAM Indonesia sebagai wadah menyebarkan semangat cinta menulis di kalangan generasi muda serta membina anak-anak bangsa untuk gemar menulis dan membaca buku,” tambah Aliya Nurlela.

 Talkshow Kepenulisan

 Selain meluncurkan FAM Goes to Campus & School dan Divisi Perempuan, di hari yang sama juga digelar Talkshow Kepenulisan dengan narasumber Aliya Nurlela (Novelis & Pegiat FAM Indonesia) dan Eko Prasetyo (Jurnalis & Penulis). Talkshow dimoderatori Yudha Prima, Koordinator FAM Cabang Surabaya.

Ketua Panitia sekaligus Koordinator Divisi Perempuan FAM Indonesia, Arifa Sulandhari, mengatakan, acara itu diikuti 100-an peserta yang terdiri dari siswa, mahasiswa, guru, dosen dan masyarakat umum lainnya.

“Pihak sekolah sangat antusias mengirimkan perwakilannya, namun karena waktu, jumlah peserta lomba kita batasi,” ujarnya.

Seusai acara FAM Indonesia menyumbang sejumlah buku kepada Perpustakaan STAIN Kediri dan diterima Kepala Perpustakaan, Komarudin. Kepada peserta FAM Indonesia memberikan doorprize.

“Kami juga menyampaikan terima kasih kepada STAIN Kediri, UKM Jurnalistik STAIN, Elfast Course Pare, Mahesa Institute Pare, sekolah dan kampus di Kediri, dan pihak-pihak lain yang ikut berpartisipasi menyukseskan acara ini,” tambah Aliya Nurlela.