Beranda Pendidikan SMPN 2 Merbau Mataram Jadi Juara Umum Kedua di Ajang PKN 2019

SMPN 2 Merbau Mataram Jadi Juara Umum Kedua di Ajang PKN 2019

109
BERBAGI

TERASLAMPUNG.COM  — Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMP N) 2 Merbau Mataram , Lampung Selatan, Provinsi Lampung, berhasil membukukan prestasi dalam ajang Pekan Kebudayaan Nasional 2019. Dalam ajang PKN yang ditaja dari 7 – 13 Oktober 2019 lalu SMPN Merbau Mataram berhasil menyabet Juara Umum Kedua dalam kegiatan Lomba Permainan tradisional.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Lampung Drs Sulpakar, MM didampingi Kabid Kebudayaan Heni Astuti, M.Pd, mengaku bangga dengan prestasi yang diraih oleh siswa-siswi SMP Negeri 2 Merbau Mataram dalam ajang PKN 2019. “Kami bangga ternyata Lampung bisa menunjukkan prestasi dalam ajang lomba permainan tradisional yang kini kian langka kita temukan. Ini membuktikan bahwa anak-anak Lampung meski di era milenial tidak melupakan permainan tradisi warisan dari nenek moyangnya,” ujar Sulpakar bangga.

Ke depan, lanjut Sulpakar, permainan-permainan tradisional perlu terus ditumbuhkembangkan agar tak punah. Pada kesempatan ini, Kadis juga mengucapkan terima kasih dari pihak PT Astra melalui CSR-nya yang ikut mendukung keberangkatan tim ini.

Pada kesempatan terpisah, Kasi Kesenian Disdikbud Lampung M. Hari W Jayaningrat, S.Sos, MM berharap ke depannya, Lampung terus bisa mengikuti berbagai event kesenian yang bisa membukukan tprestasi dan mengharumkan nama Lampung. “Kegiatan ini diikuti 18 Provinsi dari seluruh Indonesia. Lampung berhasil membukukan juara umum kedua dengan menyabet 4 medali perak dan 13 medali perunggu. Dalam jang tersbut ada empat tangkai permainan tradisional yang dipertandingkan, yakni permainan egrang, hadang, bakika dan balok, ” papar Hari.

Sementara itu, ketika dihubungi secara terpisah, Kepala Sekolah SMPN 2 Merbau Mataram Preni Reliyanti, M.Pd mengatakan, pihaknya dalam ajang ini mengirimkan 21 guru didampingi 5 orang guru pembimbing. “Dalam ajang ini kami melakukan seleksi di sekolah, kemudian latihan selama sebulan penuh. Ternyata hasilnya tak sia-sia, “ ujar Preni bangga.

Pihaknya, lanjut Preni, sangat berterimakasih, kepada Dikdisbud Provinsi Lampung yang menunjuk SMPN 2 Merbau Mataram untuk mewakili Lampung dalam ajang ini. “Kami sangat berterimakasih kepada Disdikbud Lampung dan PT Astra yang mendukung SMPN 2 Merbau Mataram hingga berhasil memboyong prestasi sekaligus mengahrumkan nama Lampung,” pungkas Preni.

Loading...