Beranda Ruwa Jurai SNV Akan Fasilitasi Bangun Toilet Warga Tanggamus

SNV Akan Fasilitasi Bangun Toilet Warga Tanggamus

359
BERBAGI

Peringatan hari toilet se-dunia di SDN 1 Ciherang, Kecamatan
Gunung Alip, Tanggamus melibatkan anak sekolah dan warga.

BANDARLAMPUNG, Teraslampung.com – Netherlands Development Organization (SNV) siap memfasilitasi pembangunan toilet di masing-masing rumah warga di Kecamatan Bulok dan Gunung Alip, Kabupaten Tanggamus.

Menurut Leader SNV Perdesaan Susi Sunarjo pada Jumat (19/12) program penyadaran membuang tinja secara teratur saat ini sedang berjalan di dua kecamatan di Tanggamus yakni Kecamatan Bulok dan Kecamatan Gunung Alip.

“Pendekatan ini berbasis masyarakat dan tanpa subsidi pembangunan fasilitas. Semua untuk dari masyarakat dan untuk masyarakat itu sendiri, pemerintah hanya memfasilitasi saja,” kata dia.

Lebih lanjut ia mengatakan target programnya tidak hanya membangun jamban mandiri saja, tetapi masyarakata didorong punya toilet dengan septictank yang sehat dan benar.

Di Kecamatan Gunung Alip dari sekitar 4000 keluarga namun yang memiliki toilet mandiri hanya 30 persen saja. Sisanya melakukan pembuangan tinja lewat sungai, kebun dan sistem kubur di sekitar rumahnya masing-masing.

“Hari gini orang sudah membahas tentang perkembangan zzaman masa di sini masih membahas sekitaran toilet saja,” keluh dia. (Siti Qodratun)

Loading...