Beranda News Kesehatan SNV , YKWS dan Mitra Bentala Kolaborasi Gelar Lampung Sanitation Week

SNV , YKWS dan Mitra Bentala Kolaborasi Gelar Lampung Sanitation Week

166
BERBAGI

TERASLAMPUNG.COM—SNV (Netherland Development Organisation) dan Pemprov Lampung  bekerjasama dengan Yayasan Konservasi Way Seputih (YKWS) dan Mitra Bentala melalui program voice For Change Partership (V4CP) dan water sanitationdan Hygiene for Sustainable Development Goals (WASH SDGs) berkolaborasi menyelenggarakan Lampung Sanitation Week.

Menurut Direktur Eksekutif YKWS Febrilia Ekawati,Lampung Sanitation Week merupakan rangkaian kegiatan hari sanitasi sedunia yang akan berlangsung dari 19-25 November 2018,  bertujuan  untuk meningkatkan peran para anak muda khususnya dan masyarakat pada umumnya untuk lebih peduli terhadap sanitasi di Provinsi Lampung .

Acara ini akan dimulai dengan kegiatan Sanitation Goes to Campus di STMIK Pringsewu pada 19 November2018,Learning Event terkait pencapaian target universal akses sanitasi 2019 diProvinsi Lampung dari  15 kabupaten/kota, yang akan dilaksanakan pada 21-22 November 2018.

Febrilia Ekawati menjelaskan persoalan sanitasi sepatutnya menjadi isu yang menjadi perhatian bagi seluruh elemen pemerintah dan lapisan masyarakat. Sebab, sanitasi menjadi lingkungan terdekat yang seharusnya paling utama untuk dibangun dengan terbaik

“Berdasarkan data ,akses sanitasi dari tahun 2012  hingga November tahun   ini capaian akses sanitasi di Lampung baru 84,43%.(Smart STBM), bahkan di Lampung ada empat kabupaten dengan akses sanitasi terendah, yaitu Tulangbawang Barat (55,11%), Mesuji (72,83%), Pesawaran (81,99%), dan Lampung Timur (82,03%),” katanya.dalam Konpres yang digelar di Resto Cikwo, Rabu (14/11/2018).

Dengan demikian kesadaran kepedulian sanitasi yang sehat harus perlu terus ditingkatkan dengan partisipasi seluruh pihak. Hal itu dilakukan dengan akan digelarnya sanitasi goes to campus di STMIK Pringsewu. Diharapkan, status Pringsewu yang 100% memiliki akses sanitasi sehat dapat melahirkan kepedulian masyarakat untuk ditularkan kepada kabupaten/kota lainnya.

Direktur Eksekutif Mitra Bentala Lampung, Mashabi mengatakan dalam rangkaian Lampung Sanitation Week akan ada pula kampanye Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) pada siswa SD di Bandar Lampung, Metro, dan Lampung Selatan ditanggal 23-25 November. “Setiap sekolah minimal mempunyai sarana CTPS, sehingga menciptakan lingkungan sekolah yang sehat,” katanya.

“Pengaruh cuci tangan pakai sabun bisa kurangi sakit diare 47 persen sehingga akses mendapatkan pendidikan tidak akan terpengaruh oleh prilaku hidup sehat..Direncanakan akan diikutioleh ratusan siswa sekolah yang ada di Lampung Selatan pada 23 November.” (Mas Alina Arifin)

 

 

Loading...