Soal Akhir Masa Jabatan, Ini Kata Bupati Budi Utomo

Bupati Budi Utomo menjawab pertanyaan wartawan seputar akhir masa jabatannya
Bupati Budi Utomo menjawab pertanyaan wartawan seputar akhir masa jabatannya .
Bagikan/Suka/Tweet:

Feaby|Teraslampung.com

Kotabumi–Meskipun dikabarkan masa jabatannya akan habis pada tahun ini, namun Bupati Budi Utomo belum dapat memastikan kebenaran kabar tersebut. Sebab, sampai saat ini masih belum ada kepastian mengenai kabar itu.

“Belum ada surat mengenai akhir masa jabatan (AMJ) bupati,” jelas Bupati Budi Utomo di gedung DPRD Lampung Utara, Senin (6/11/2023).

Lantaran masih belum ada keputusan resmi mengenai hal tersebut, ia mengaku tidak memastikan apakah akhir masa jabatan akan berakhir pada tahun 2023 atau malah sesuai dengan AMJ-nyabyang akan berakhir pada Maret 2024.

“Apakah ada AMJ atau enggak, enggak tahu,” kata dia.

Sebelumnya, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Lampung Utara, Matsoleh mengatakan, sejauh ini memang belum ada surat resmi dari Pemerintah Pusat terkait AMJ bupati. Namun, jika merujuk pada surat Kemendagri dengan nomor : 100.2.7/2994/SJ tertanggal 5 Juni 2023 yang berisikan tentang penjelasan terkait persiapan pelaksanaan dan dukungan Pilkada tahun 2024, kemungkinan besar masa jabatan bupati berakhir di tahun 2023.

“Sayangnya, dalam surat itu enggak ada penjelasan tanggal berikut bulan apa untuk AMJ tersebut. Untuk lebih jelasnya, kami masih nunggu surat resmi dari Pemerintah Pusat,” jelasnya.

Dalam rakor Pengelolaan perbatasan di Ancol, Jakarta, Kamis (25/5/2023), Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menyampaikan, total kepala daerah yang masa jabatannya berakhir pada September 2023 mencapai 170 orang.

Berdasarkan pasal 201 ayat 5 dalam Undang – Undang Nomor 10 Tahun 2016 Tentang Perubahan Kedua Atas Undang – Undang Nomor 1 Tahun 2015 Tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang – Undang Nomor 1 Tahun 2014 Tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota menjadi Undang – Undang disebutkan bahwa para kepala daerah mulai dari bupati, walikota hingga Gubernur hasil pemilihan tahun 2018 hanya akan menjabat sampai dengan tahun 2023. ‎Sementara Bupati Budi Utomo yang ‘naik’ statusnya menjadi bupati menggantikan posisi Agung Ilmu Mangkunegara merupakan kepala daerah dan wakil kepala daerah hasil pemilihan pada tahun 2018.