Soal Batas Wilayah Lampung Utara Ditargetkan Rampung Tahun Ini

  • Bagikan
Peta Kabupaten Lampung Utara
Peta Kabupaten Lampung Utara

Feaby|Teraslampung.com

Kotabumi–Pemkab Lampung Utara menargetkan persoalan batas wilayah Kabupaten Lampung Utara dengan tiga kabupaten lainnya akan rampung pada tahun ini. Target ini ditetapkan untuk merespons batas waktu penyelesaian batas daerah yang ditetapkan pemerintah pusat.

“‎Dari empat kabupaten yang berbatasan dengan Lampung Utara, satu di antaranya telah rampung mengenai batas – batasnya,” jelas Kepala Bagian Tata Pemerintahan di Sekretariat Daerah Kabupaten Lampung Utara, Surya Ardianto, Senin (20/9/2021).

Surya menuturkan, perbatasan ‎daerah yang telah rampung itu adalah perbatasan dengan Kabupaten Way Kanan. Sementara perbatasan yang masih belum rampung itu adalah perbatasan dengan Kabupaten Tulangbawang Barat, Lampung Barat, Lampung Tengah.

“‎Untuk perbatasan di tiga daerah lainnya saat ini masih dalam proses pembahasan tim dari Pemerintah Pusat,” kata dia.

Menurut Surya, perbatasan itu akan segera dipasangi patok pembatas. Pihak PTPN ‎VII Distrik Bungamayang berinisiatif akan menggunakan dana tanggung jawab sosial perusahaan untuk membangun patok perbatasan tersebut.

“Titik simpul perbatasan itu diatur dalam Permendagri tersebut,” terangnya.

Surya menjelaskan, ‎penyelesaian mengenai batas wilayah ini akan mereka upayakan rampung pada tahun ini. Penyelesaian batas wilayah ini ditujukan untuk kepentingan administrasi Lampung Utara termasuk administrasi kependudukan.

“Untuk luas wilayah Lampung Utara saat ini luasnya sekitar 2.762 Meter persegi,” harap dia.

  • Bagikan