Soal Begal Ditembak Mati, Kalangan Dewan tak Sepakat dengan Gubernur Lampung

  • Bagikan
Anggota Komisi III DPRD Lampung, Noverisman Subing

Teraslampung.com–Anggota Komisi III DPRD Lampung asal dapil Lampung Timur, Noverisman Subing, tidak setuju para begal ditembak mati,Menurut politikus PKB ini, pemerintah (termasuk Pemda) harus mencari solusi untuk memberantas aksi begal, bukan justru ditembak mati.

“Menembak mati begal bukanlah solusi. Khususnya di kampung-kampung tua, pemerintah daerah harus menciptakan lapangan kerja buat para begal,” kata Nover, sapaan akrab mantan wartawan itu, Selasa (17/3), saat dimintai tanggapannya terkait perintah Gubernur Lampung Ridho Ficardo agar para begal ditembak mati,

Menurut Nover, tidak boleh seorang Gubernur bicara seperti itu (memerintahkan polisi menembak mati begal–Red.). Dia (Gubernur) itu kan sebagai orang tua. Dia orang nomor satu di Lampung. Seharusnya carikan solusinya, buat lapangan pekerjaan untuk mereka. Saya jamin kalau disediakan lapangan kerja, mereka akan berhenti membegal,” tegas Noverisman Subing.

BACA JUGA:   Ini Alasan LBH Bandarlampung Melaporkan Sekdaprov Lampung Arinal Djunaidi kepada Presiden

Mantan Wakil Bupati Lampung Timur (Lamtim) itu mengatakan, kalau perlu dilakukan pendidikan seperti pelatihan pekerjaan, sehingga  begal tersebut dapat berhenti, dan mereka punya pekerjaan tetap.

“Harus dididik dulu, dilakukan pelatihan dulu, saya jamin tidak ada lagi begal, percaya saja, anggarkan Rp 1miliar untuk mereka itu, tapi jangan secara langsung diberikan, harus lakukan pelatihan buat mereka,”tandasnya.

Menurut Nover,  Gubernur dan Bupati yang notabenenya adalah kepala daerah wajib melindungi warganya.”Gubernur dan Bupati itu harus melindungi warganya,” ujarnya.

Sementara itu,  Ichwan Fadil, Ketua Komisi III DPRD Lampung, mengatakan harusnya Gubernur Lampung minta kepada Kapolda, supaya mengamankan begal.

“Kalau perlu kita surati Kapolri untuk masalah itu. Jangan sampai dia (Gubernur) keluar omongan begal tembak di tempat, mereka juga warga yang butuh perlindungan,” kata dia.

BACA JUGA:   Operasi Zebra Krakatau, Polda Lampung Bagi-bagi Sembako dan Masker

Ariftama

  • Bagikan