Soal Calon Sekwan, Para Anggota Dewan Lampura Enggan Berkomentar

Bagikan/Suka/Tweet:

Feaby/Teraslampung.com

Ketua DPRD Lampung Utara, Rachmat Hartono (tengah) menjawab pertanyaan seputar polemik pergantian Sekretariat DPRD.

Kotabumi–Sejumlah pimpinan DPRD Lampung Utara enggan berbicara banyak seputar polemik tiga nama yang akan digadang – gadang menggantikan posisi Syahrizal Adhar sebagai Sekretaris DPRD (Sekwan).

Timbulnya polemik ini dikarenakan sejumlah Fraksi atau anggota DPRD menolak ketiga nama yang diajukan Pemkab untuk menempati posisi Sekwan.

“Kami sama sekali belum membahas usulan tiga nama itu karena lagi berkonsentrasi pada sejumlah agenda yang lebih penting dan mendesak,” kata Ketua DPRD Rachmat Hartono, di gedung wakil rakyat, Selasa ( 3/11).

Politisi asal PDIP ini menuturkan setelah sejumlah agenda penting dan mendesak tersebut telah selesai dikerjakan seperti pengesahan Prolegda (Program Legislasi Daerah) dan pengesahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2016, baru pihaknya akan membahas usulan ketiga nama pengganti posisi Sekwan.

Saat ditanya tanggapannya seputar penolakan atas ketiga nama yang diusulkan Pemkab yang ramai disuarakan oleh Fraksi Partai Demokrat dan Fraksi PKB serta sejumlah anggota DPRD lainnya, Rachmat mengatakan hendaknya penolakan itu disampaikan secara resmi dan sesuai mekanisme yang ada.

“Pembahasan tentang pengganti Sekwan kan memang belum dimulai. Tapi, kalau memang ada penolakan, hendaknya rekan – rekan (anggota DPRD) menyampaikannya melalui Fraksinya masing – masing. Nanti, Fraksi yang akan menyampaikan ke pimpinan,” tutur pria yang akrab disapa Minak ini.

Wakil Ketua III DPRD, Arnol Alam ketika dimintai tanggapannya seputar pembahasan berikut penolakan ketiga nama pengganti Sekwan turut membenarkan bahwa pembahasan ketiga nama pengganti itu belum dilakukan. Namun, terkait penolakan yang disuarakan oleh sejumlah Fraksi atau anggota DPRD, Arnol mengaku dapat memakluminya karena hal itu hak pribadi masing – masing anggota DPRD.

“Kami tunda dulu pembahasan soal Sekwan. Masih ada pekerjaan rumah yang lebih penting.‎ tapi, kalau soal penolakan, itu hak Pribadi masing – masing dan silakan – silakan saja,” papar politisi berlambang pohon beringin itu.

Sebelumnya, Fraksi PKB dan Fraksi Partai Demokrat dan sejumlah anggota DPRD lainnya ramai menyuarakan penolakan ketiga nama yang diusulkan Pemkab untuk menggantikan posisi Syahrizal Adhar sebagai Sekwan. Ketiga nama yang digadang – gadang untuk menempati posisi Sekwan itu yakni Amran Yazid (Kepala Badan Ketahanan Pangan), Syahrudin Putra (Kepala Dinas Pengelolaan Pasar), dan Hendry (Kepala Bagian Hukum Sekretariat Kabupaten).‎