Beranda Ruwa Jurai Lampung Utara Soal DAK PU dan Disdikbud, DPRD Minta Bupati Evaluasi Kadis PUPR dan...

Soal DAK PU dan Disdikbud, DPRD Minta Bupati Evaluasi Kadis PUPR dan Disdikbud

89
BERBAGI
Ketua Fraksi PAN di DPRD Lampung Utara, Ibnu Hajar
Ketua Fraksi PAN di DPRD Lampung Utara, Ibnu Hajar

Feaby|Teraslampung.com

Kotabumi–(Calon) Ketua Fraksi PAN di DPRD Lampung Utara, Ibnu Hajar ‎meminta Bupati Agung Ilmu Mangkunegara mengevaluasi kinerja Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (Syahbudin/PUPR) dan Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Toto Sumedi/Disdikbud) Lampung Utara.

‎”Hangusnya belasan miliar DAK begitu saja seperti itu sudah selayaknya pak bupati mengevaluasi kinerja mereka berdua,” tegas Ibnu Hajar, Rabu (4/9/2019).

Ibnu beralasan, evaluasi terhadap kedua petingginya tersebut wajib dilakukan supaya hal serupa tidak lagi terulang di kemudian hari. Jika sampai terjadi lagi maka hal ini sangat merugikan daerah dan bertentangan dengan semangat Pemkab dalam memajukan daerah.

“Kalau enggak ada evaluasi, saya khawatir hal seperti ini kembali terulang,” tandas dia.

Kritikan sama juga pernah dikatakan oleh mantan wakil Ketua II DPRD Lampung Utara ini ‎mengatakan, potensi hangusnya belasan miliar DAK itu sangat kontrakdiktif dengan rencana peminjaman uang ratusan miliar darBank Jawa Barat dan Banten (BJB).

‎”Jadi buat apa meminjam uang ratusan miliar kalau ngelola dana belasan miliar enggak bisa,” kata salah seorang kandidat kuat Ketua DPRD Lampung Utara periode 2019-2024 itu.‎

Sebelumnya, DAK di Dinas PUPR dan Disdikbud Lampung Utara ‎hangus. Totalnya hampir menyentuh Rp17 Miliar. Rinciannya, Rp16 Miliar di PUPR dan Rp800 juta di Disdikbud.

Adapun alasan hangusnya bantuan DAK di kedua instansi ini berbeda – beda. Untuk Dinas PUPR diakibatkan kegagalan sejumlah proyek untuk mendapatkan pemenang lelang. Lalu, untuk Disdikbud dikarenakan perbedaan nama sekolah penerima DAK dan ‎karena telah menerima bantuan block grant.

Loading...