Beranda Politik Soal KLB, Partai Demokrat Lampung Tunggu Perintah SBY

Soal KLB, Partai Demokrat Lampung Tunggu Perintah SBY

159
BERBAGI
SBY menjadi juru kampanye Ridho Ficardo dalam Pilgub Lampung 2014 lalu.

TERASLAMPUNG.COM — Usai pemilu legislatif dan Pilpres 2019, muncul gesekan antara pejabat teras senior Partai Demokrat (PD) dengan sejumlah petinggi yunior. Belakangan muncul desakan dari beberapa senior dan pendiri PD agar partai besutan Susilo Bambang Yudhoyono itu segera menggelar Kongres Luar Biasa (KLB).

Terkait desakan digelarnya KLB,  Sekretaris DPD PD Lampung, Fajrun Najah Ahmad, mengatakan masukan dari para senior itu bisa dterima dengan baik. Menurutnya evaluasi memang hal yang wajar dilakukan usai pemilu. Namun, kata Fajrun, kalau langsung KLB, hal itu kurang tepat.

“Kalau alurnya langsung ke Kongres Luar Biasa, ya kurang tepat juga. Partai kan punya aturan-aturan. Tidak bisa ujug-ujug mau KLB. Saya pastikan, seluruh pimpinan dan kader PD di Lampung hanya taat dan patuh pada perintah Pak SBY selaku Ketua Umum DPP PD,” tegas Fajar, panggilan akrab Fajrun Najah Ahmad, Sabtu, 15 Juni 2019.

Menurut dia, ada yang diluncurkan para senior dan pendiri PD yang tergabung dalam Presidium Gerakan Moral Penyelamat Partai Demokrat (GMPPD) untuk dilakukan evaluasi terkait menurunnya perolehan suara partai pada pileg 2019, merupakan hal yang lumrah.

“Kami pasti lakukan evaluasi-evaluasi pasca kontestasi politik. Kami di DPD PD Lampung dan 15/DPC PD se-Lampung juga lakukan evaluasi pasca pileg lalu. Guna menemukan kelemahan, kekurangan dan apa saja yang jadi penyebab turunnya perolehan kursi dan suara partai

Sekaligus memantapkan langkah-langkah untuk menghadapi delapan pilkada pada 2020. Tapi tidak ada yang mengarah pada upaya penggantian pimpinan partai. Karena ada mekanisme tersendiri untuk soal itu. Maka, saya sesalkan usulan para senior yang mendesak dilaksanakannya KLB PD sebagai bagian dari evaluasi,” lanjut Fajar yang menjabat sekretaris DPD PD Lampung sejak 2009 dan mendampingi tiga orang ketua DPD yang berbeda.

Dipastikan oleh politisi berlatar belakang jurnalis ini, keluarga besar PD Lampung tetap solid dibawah kepemimpinan Ketua DPD PD Lampung, Ridho Ficardo dan hanya menjalankan apa yang diperintahkan SBY.

“Saya jamin seluruh pimpinan dan kader PD di Lampung hanya taat dan patuh pada apa yang diperintahkan oleh Pak SBY,” katanya.

Edwin | Harian Fokus

Loading...