Soal Mendekati Pusat, Inilah Pintarnya Ridho Ficardo

  • Bagikan

TERASLAMPUNG.COM — Di antara daerah di Indonesia di luar Pulau Jawa, Lampung termasuk provinsi yang paling sering didatangi Presiden Jokowi. Dalam setahun terakhir setidaknya Jokowi sudah lima kali melakukan kunjungan kerja ke Lampung.

“Rajinnya” Jokowi ke Lampung itu tentu bukan tanpa sebab, Terkait proyek pemerintah pusat, itu sudah pasti. Namun, di luar urusan proyek dan tugas pemerintahan, Jokowi rajin datang ke Lampung dan tampak punya perhatian khusus kepada provinsi “Gerbang Sumatera” karena kepintaran Gubernur Ridho Ficardo mengambil hati Jokowi.

Lihatlah setiap kedatangan Jokowi: Ridho dan istrinya, Aprilani Yustin, selalu sumringah menyambut. Bukan saat kunjungan Jokowi pada Jumat sore (6/11) di Bandara Radin Inten II, Ridho juga antusias menyambut Jokowi saat presiden asli Solo itu datang ke Pelabuhan Bakauheni, beberapa waktu lalu. Saat itu, Ridho dan istri tampak rela berpanas-panasan untuk menunggu kedatangan Jokowi.

BACA JUGA:   Surat untuk Mr. Calon Presiden RI

Ketika sudah bertemu, Ridho dan Jokowi tampak seperti dua sosok yang sudah sangat akrab. Kesan umum, mereka tampak “seperti bapak dengan anak”. Dalam hal ini, Ridho pintar bersikap yang oleh orang Jawa disebut sebagai ‘nglondhohi’ (mengambil hati).

Ridho tidak menampakkan diri sebagai pemimpin daerah yang mesti menjaga jarak dengan presiden karena beda partai, seperti halnya terjadi di Papua. Sebagai perbandingan, Gubernur Papua yang juga Ketua DPD Partai Demokrat Provinsi Papua, Lukas Enembe, selalu tidak menemui Presiden Jokowi ketika Jokowi berkunjung ke Papua. Hal itu sempat menjadi perhatian pemerintah pusat, terutama petinggi kantor Kepresidenan dan Kemendagri.

Cara Ridho mendekati pemerintah pusat yang semacam itu berbeda dengan cara Gubernur Sjachroedin ZP (Oedin). Gubernur Sjachroedin ketika menjadi orang nomor satu di Lampung tidak selincah Ridho. Sjachroedin tidak tampak dekat dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Mungkin karena Oedin juga seorang jenderal. Usia SBY dengan Oedin pun tidak terpaut jauh.

BACA JUGA:   Pilpres, Saling Intip Cawapres, dan "Huuuuuuuuu...."

Proyek Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) hanyalah salah satu proyek saja yang menunjukkan pemerintah pusat punya perhatian kepada wilayah Sumatera. Mungkin proyek itu bisa jadi pelipur lara batalnya Proyek Jembatan Selat Sunda. Namun, di luar proyek JTTS masih ada beberapa proyek atau kegiatan pemerintah pusat di Lampung yang menunjukkan bahwa Lampung penting bagi Jakarta dan Indonesia. Untuk kepentingan-kepentingan itu, Presiden Jokowi kerap turun langsung untuk meninjau perkembangannya.

Tentu, Presiden Jokowi tidak bersikap ‘kebapakan’ terhadap Ridho dan punya perhatian kepada Lampung jika Gubernur Lampung keras kepala dan ngeyel.

Oyos Saroso HN

  • Bagikan