Soal Pelayanan KTP di Disdukcapil Bandarlampung, Ini Kata Walikota Eva Dwiana

Bagikan/Suka/Tweet:

TERASLAMPUNG.COM  — Walikota Eva Dwiana mengingatkan para kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) tidak terlena setelah kemarin (8/3/2022) mendapat penghargaan sebagai pembina pelayanan publik kategori pelayanan prima tahun 2021 Predikat A dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) RI.

BACA: Tiga Tahun Urus KTP tak Beres, Warga Bandarlampung Keluhkan Pelayanan Disdukcapil

“Penghargaan yang kita terima kemarin, jangan membuat terlena dulu. Sebab masih banyak koreksi, banyak yang harus dikoreksi. Mudah-mudahan kita koreksi sama-sama. Ke depan kita akan mendapatkan yang lebih baik lagi,” kata Eva Dwiana, usai membuka pelatihan dasar CPNS formasi umum angkatan I – IV di lingkungan Pemkot Bandarlampung, di Aula Semergou, Rabu, 9 Maret 2022.

Walikota Eva Dwiana juga mengingatkan OPD yang menggunakan pelayanan online agar turun ke lapangan untuk mengetahui persoalan yang terjadi.

“Untuk yang pelayanan online, harus turun ke lapangan. Jangan mentang-mentang online kita tidak turun ke lapangan. Ini yang kadang-kadang salah,” ujarnya.

Sebagai peraih penghargaan pelayanan dengan predikat A dari Kementerian , Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) diminta untuk lebih giat lagi promosi keberadaan aplikasi Pelayanan Melalui Online Masyarakat Duduk Manis (Permen Manis) di play store yang di luncurkan pada 6 Mei 2021 yang lalu.

“Permen Manis itu apa sih? Harapannya Permen Manis itu bisa memberikan informasi kepada masyarakat. Kalau masyarakat tidak tahu yang harus kita lakukan promosinya harus gencar, kalau promosinya kurang, gimana masyarakat paham,” kata Eva Dwiana.

Dengan memanfaatkan aplikasi Permen Manis diharapkan masyarakat Kota Bandarlampung tidak perlu mendatangi Gedung Satu Atap untuk mengurus dokumen kependudukannya.

BACA: Pemkot Bandarlampung Peroleh Penghargaan dari Kemenpan RB

“Padahal gampang sebenarnya gampang membuat KTP-e secara online, cuma kan banyak yang tidak tahu, mereka lebih banyak datang ke Gedung Satu Atap. Kalau ini bisa dilakukan di rumah kenapa tidak,” jelas walikota.

“Saya pesan ke Disdukcapil yang sekarang ini, kalau memang satu hari ya satu hari selesai (mengurus dokumen kependudukan). Kalau di sini dipercepat ya harus dipercepat, gimana caranya hari ini bikin, tunggu sebentar kemudian selesai,” pungkasnya.

Untuk diketahui, Pelayanan Melalui Online Masyarakat Duduk Manis (Permen Manis) diluncurkan semasa Kepala Disdukcapil Kota Bandarlampung Zainuddin. Sayangnya kini saat teraslampung.com mencari di play store dengan mengetik permen manis disdukcapil kota bandar lampung, aplikasi tersebut tidak ditemukan.

You cannot copy content of this page