Beranda Ruwa Jurai Bandarlampung Soal Penolakan Pasien Pemegang KIS, Ini Jawaban RS Bumi Waras

Soal Penolakan Pasien Pemegang KIS, Ini Jawaban RS Bumi Waras

416
BERBAGI
Rumah Sakit Bumi Waras (RSBW) Bandarlampung.
Rumah Sakit Bumi Waras (RSBW) Bandarlampung.

TERASLAMPUNG.COM — Pihak RS Bumi Waras (RSBW) mengatakan pasien pemegang atau pemilik Kartu Indonesia Sehat (KIS) tidak secara otomatis bisa dirawat di RSBW dengan menunjukkan fotokopi KTP atau surat keterangan (Suket/SKT) dan fotokopi kartau keluarga (KK).

BACA: RS Bumi Waras Bandarlampung Menolak Pasien Manfaatkan KIS

Hal itu diungkapkan Ica, Marketing RSBW, kepada Teraslampung.com terkait penolakan seorang pasien bernama Subari untuk menggunakan KIS atau Program Pelayanan Kesehatan Masyarakat (P2KM) untuk dirawat di RSBW.

Setelah Teraslampung.com menjelaskan bahwa pasien tersebut datang ke RSBW pada Jumat malam alias bukan hari kerja dan tidak mungkin keluarga pasien mengurus surat keterangan ke Dinas Kesehatan, akhirnya Ica mengatakan pasien tersebut bisa memakai P2KM dan mengurus surat jaminan ke Dinas Kesehatan.

“Pasien bisa dilayani dengan menggunakan P2KM, asalkan mengikuti prosedur yang ada. Yaitu melapor ke Dinas Kesehatan Kota Bandarlampung untuk meminta jaminan,” kata Ica, Sabtu petang (6/6/2020).

“Tidak bisa datang ke rumah sakit hanya membawa fotokopi KTP dan KK saja harus diurus ke Dinkes untuk minta jaminan,” katanya.

BACA: Dengan KTP atau SKT, Warga Bandarlampung Bisa Berobat di Rumah Sakit

“Asalkan ke esokan harinya jaminan dari Pemkot Bandarlampung tersebut itu diurus. Pada hari kerja tolong diurus jaminan dari Pemkot Bandarlampung. Kirimkan saja fotokopi KTP dan KK-nya ke saya biar kami ubah pendaftarannya dari umum ke P2KM,” jelasnya.

Sebelumnya Teraslampung.com memberitakan bahwa Subari, warga Bandarlampung pemegang KIS tidak bisa dirawat di RSBW dengan KIS karena ditolak pihak RSBW. Alasannya, RSBW tidak ada kerjasama dengan Pemkot Bandarlampung. Berita itu berdasarkan pengakuan istri dan saudara Subari.

Belakangan pihak RSBW melalui bagian marketing, Ica, membantah bahwa RSBW tidak bekerjasama dengan Pemkot Bandarlampung terkait perawatan pasien dari kalangan pemegang KIS atau peserta P2KM.

Dandy Ibrahim

Loading...