Soal Sumbangan Rp2 Triliun Bohong Keluarga Akidi Tio, Ini Kata Kapolda Sumsel

  • Bagikan
Gubernur Sumsel Herman Deru (kiri) menyaksikan dokter pribadi keluarga almarhum Akidi Tio (kanan) menyerahkan bantuan sebesar Rp2 triliun dari keluarga besar Akidi Tio kepada Kapolda Sumsel untuk penanganan Covid-19 di Sumsel, Senin (26/7/2021).
Gubernur Sumsel Herman Deru (kiri) menyaksikan dokter pribadi keluarga almarhum Akidi Tio (kanan) menyerahkan bantuan sebesar Rp2 triliun dari keluarga besar Akidi Tio kepada Kapolda Sumsel untuk penanganan Covid-19 di Sumsel, Senin (26/7/2021).

TERASLAMPUNG.COM — Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Selatan Irjen Eko Indra Heri,Selasa (2/8/2021), membenarkan adanya pemeriksaan terhadap salah satu anak Akidi Tio terkait sumbangan fantastis senilai Rp2 triliun untuk penanganan Covid-19 di Sumatera Selatan.

BACA: Sumbangan Rp2 Triliun Bohong, Anak Akidi Tio Akhirnya Jadi Tersangka

Terkait informasi yang menyebutkan bahwa pemeriksaan dilakukan karena sumbangan Rp2 triliun itu bodong alias bohong belaka, Kapolda Sumsel mengaku pihaknya sedang mendalaminya.

“Tim (Polda Sumsel) masih bekerja,” katanya.

Sebelumnya, keluarga pengusaha asal Aceh, Akidi melalui dokter keluarganya, Hardi Darmawan, dikabarkan menyumbang uang tunai senilai Rp 2 triliun ke Polda Sumsel untuk membantu penanganan Covid-19 di Sumsel,  Senin (26/7/2021).

Penyerahan sumbangan Akidi Tio berlangsung di Gedung Promoter Polda Sumsel dan dihadiri Gubernur Sumsel Herman Deru, Kapolda Sumsel Irjen Pol Eko Indra Heri S, Danrem 044/Gapo Brigjen TNI Jauhari Agus Suraji, hingga perwakilan seluruh pemuka agama.

Simbolisasi atas penyerahan itu terabadikan dalam foto penyerahan styrofoam bertuliskan “Sumbangan untuk Penanggulangan COVID-19 dan Kesehatan di Palembang-Sumsel. Dari Alm Bpk Akidi Tio dan Keluarga Besar Sebesar Rp 2 triliun”.

Beberapa hari lalu, saat berita kedermawanan keluarga almarhum Akidi Tio yang menyumbangkan uang senilai Rp2 triliun kepada Pemprov Sumatera Selatan untuk penanganan pandemi Covid-19 mendapatkan apresiasi banyak kalangan. Banyak pihak yang salut dengan sikap keluarga Akidi Tio yang sangat peduli terhadap sesama agar terbebas dari Covid-19.

Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru yang menghadiri penyerahan hibah pribadi dari keluarga Almarhum Akidi Tio Kepada Polda Sumsel yang diwakili Kapolda Irjen Eko Indra Heri S, di Ruang Rekonfu Polda Sumsel, Senin (26/7/2021), sangat berterima kasih kepada keluarga almarhum Akidi Tio.

Menurut Herman Deru, upaya yang dilakukan keluarga almarhum Akidi tersebut layak menjadi contoh bagi masyarakat Sumsel agar turut serta memberikan sumbangsih dalam penanganan Covid-19.

“Kita bangga keluarga almarhum Akidi Tio ini ikut serta memberikan kepedulian terhadap penanganan Covid-19 di Sumsel. Apa lagi jumlah dana yang diberikan sangat besar sekali, yakni Rp2 triliun. Ini angka yang tidak sedikit,” kata Deru, usai menyaksikan penyerahan sumbangan secara simbolis di Mapolda Sumsel.

Herman Deru menuturkan bantuan dari keluarga Akidi Tio akan disalurkan secara maksimal kepada semua masyarakat Sumsel yang terdampak Covid-19 dalam berbagai bentuk bantuan seperti logistik makanan, peralatan medis obat-obatan, ataupun sarana dan prasarana protokol kesehatan.

“Semoga amal ibadah beliau diterima di sisi Tuhan Yang Maha Esa,” ujar dia.

Sementara itu, Kapolda Sumsel, Irjen Pol Eko Indra Heri mengatakan, bantuan tersebut akan disalurkan untuk kebutuhan penanganan Covid-19 di Sumsel. Menurutnya, amanah tersebut merupakan tanggungjawab yang besar.

“Tanggungjawab kita menyalurkan niat baik keluarga Almarhum Akidi Tio ini agar bisa tersampaikan ke masyarakat. Tentu tetap mematuhi prosedur hukum yang ada,” ujarnya.

Tak hanya itu, pihaknya turut membuat tim khusus baik dari Polda Sumsel maupun pihak Dinas Kesehatan Provinsi Sumsel agar proses penyaluran tetap sasaran dan sesuai harapan dari pihak keluarga Almarhum Akidi Tio.

Dokter keluarga almarhum Akidi Tio, sekaligus sebagai perwakilan pihak keluarga, Prof dr Hardi Darmawan,  mengatakan bantuan tersebut merupakan amanah yang diberikan almarhum Akidi Tio dan direalisasikan para anaknya.

“Dia (almarhumah) punya ada 7 orang. Semua anaknya sudah sukses. Mereka memberikan bantuan kepada Polda Sumsel, karena Pak Eko ini sudah kenal dekat dengan almarhum dan keluarga sejak lama,” katanya.

Hardi berharap, bantuan tersebut bisa dimanfaatkan bagi kepentingan warga Sumsel dalam penanganan Covid-19 yang saat ini masih terus mengalami peningkatan.

“Untuk realisasi sumbangan ini, sepenuhnya kita serahkan kepada pihak Polda Sumsel. Bisa saja untuk kebutuhan vaksinasi, perawatan pasien Covid-19, kebutuhan oksigen dan lain sebagainya,” tegasnya..

Susi mendoakan agar mendiang Akidi memperoleh balasan atas amal yang ia perbuat. “Semoga amal Bapak dibalas oleh Tuhan YME,” kata Susi.

Di medsos, apresiasi terhadap keluarga Akidi Tio lumayan banyak. Banyak warganet berharap kedermawanan keluarga Akidi Tio juga ditiru orang kaya lain di berbagai daerah di Indonesia.

  • Bagikan
You cannot copy content of this page