Soal Tiga Jabatan Ditempati Enam Pejabat, DPRD Panggil BKPSDM Lampura

  • Bagikan
Anggota Komisi I DPRD Lampung Utara, Herwan Mega
Anggota Komisi I DPRD Lampung Utara, Herwan Mega

Feaby|Teraslampung.com

Kotabumi–Viralnya tiga jabatan dihuni enam pejabat baru di lingkungan Pemkab Lampung Utara langsung ditanggapi oleh pihak legislatif. Respons itu diwujudkan dengan memanggil para petinggi Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Rabu (5/1/2022).

“Sebagai wakil rakyat, kami ingin mengetahui apa sebenarnya yang terjadi di balik kontroversi di tengah masyarakat,” kata anggota Komisi I DPRD Lampung Utara, Herwan Mega usai rapat.

Ia menuturkan, sejumlah hal yang mereka soroti ialah alasan pelaksanaan pelantikan dilakukan di tengah malam, dan juga alasan mengenai adanya tiga jabatan yang ditempati oleh enam pejabat. Berdasarkan penjelasan pihak BKPSDM diketahui pelantikan pejabat pada malam sebelum tahun baru itu dikarenakan hal itu terpaksa dilakukan. Alasannya, waktu yang tersedia memang sangat mepet pada hari tersebut.

“Mereka mengakui jika yang mereka lakukan ini dari sudut pandang etika memang tidak elok meski secara aturan sama sekali tidak ada yang dilanggar,” jelasnya.

Sementara untuk persoalan tiga jabatan ditempati oleh enam pejabat,‎ menurut politisi asal Partai Demokrat ini, hal itu terjadi karena faktor human error semata. Banyaknya jumlah pejabat yang dilantik dan harus diketik membuat peluang terjadi kesalahan pengetikan sangat besar.

“Karena salah ketik menyebabkan pejabat lama masih tercatat di tempatnya semula, dan bukannya di tempatnya yang baru. Itu alasan dari pihak BKPSDM,” kata dia.

Kendati telah menerima alasan tersebut, ia mengatakan, pihaknya telah‎ meminta pihak eksekutif untuk mengevaluasi seluruh pejabat yang baru dilantik tersebut. Jika memang dirasa tidak pas di posisinya itu maka yang bersangkutan harus segera dimutasikan.

“‎Kami sudah minta mereka lakukan itu supaya mengevaluasi para pejabat tersebut jika memang diperlukan,” terangnya.

  • Bagikan