Beranda News Sopir Angkutan Mudik Idul Fitri di Lampung Dites Urine

Sopir Angkutan Mudik Idul Fitri di Lampung Dites Urine

50
BERBAGI
Tes Urine untuk para pengemudi angkutan lebaran di Terminal Induk Rajabasa, Bandarlampung, Jumat (10/7/2015).

Zainal Asikin/Teraslampung.com

BANDARLAMPUNG-Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Lampung melakukan tes urine gratis bagi  para pengemudi angkutan Lebaran di Terminal Induk Rajabasa, Bandarlampung, Jumat (10/7). Tes urine tersebut dilakukan, untuk memastikan para pengemudi angkutan agar bebas dari penggunaan narkotika demi keselamatan penumpang selama arus mudik dan balik lebaran.

Kabid Pemberantasan Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Lampung AKBP Abdul Haris mengatakan, tes urine yang dilakukan oleh pihaknya kepada para pengemudi angkutan lebaran diberikan secara gratis.

Hal tersebut dilakukan, untuk mengetahui apakah para sopir angkutan dalam pengaruh narkoba atau tidak. Jika dari hasil tes urine sopir tersebut positif menggunakan narkoba, maka tidak di izinkan untuk membawa dan mengemudikan kendaraannya.

“Tes urine sangat perlu dilakukan, untuk memberi rasa aman dan keselamatan penumpang yang melakukan perjalanan saat mudik lebaran. Selain itu juga, guna meminimalisir terjadinya kecelakaan lalulintas akibat dari supir yang terpengaruh narkoba. Tes urine ini akan dilakukan selama tiga hari ke depan, dan kegiatan ini merupakan instruksi dari BNN pusat,”kata Haris, Jumat (10/7).

Menurut Abdu Haris, tes urine ini tidak hanya dilakukan oleh BNNP Lampung , melainkan dilakukan secara serentak oleh BNN seluruh Indonesia.

“Yang dites urine tidak hanya pengemudi angkutan darat, melainkan juga angkutan udara dan laut. Kami berupaya dalam sehari akan tes urine sebanyak 150 pengemudi di Terminal Induk Rajabasa, jika sampai tiga hari ke depan ada sekitar 450 pengemudi yang di tes urinenya,”terangnya