Beranda News Nasional Sore Ini Presiden SBY Resmikan Kawasan IPSC Semtul

Sore Ini Presiden SBY Resmikan Kawasan IPSC Semtul

267
BERBAGI


Kompleks IPSC Sentul,Bogor,Jawa Barat (foto Ist)



Dewi Ria Angela/Teraslampung.com

Jakarta–Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) Senin (7/4) sore ini akan meresmikan Kawasan Indonesia Pace and Securiti center (IPSC) atau Pusat Misi Pemeliharaan dan Perdamaian (PMPP) di kawasan Santi Dharma, Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Pembangunan IPSC merupakan gagasan Presiden SBY, yang muncul sepulangnya tugas di   Bosnia pada 1996.  IPSC berada di lahan seluas 260 hektare di Dharma Santi, Sentul. Seluruh pembangunan IPSC dimulai pada tahun 2010, dan dijadwalkan rampung pada tahun anggaran 2014. Presiden sudah meresmikannya pada 9 Desember 2011.

Pendirian IPSC merupakan kerja sama antara Kementerian Pertahanan sebagai pelaksana anggaran, Kementerian Pekerjaan Umum untuk pembangunan jalan dan aneka fasilitas, Badan Nasional Penanggulangan Terorisme, Badan Nasional Penanggulangan Bencana, dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk Universitas Pertahanan dan Pusat Bahasa.

Sejumlah negara sahabat juga membantu pembangunan IPSC. Amerika Serikat membantu pembangunan barak, Australia membantu pembangunan pusat bahasa.

Negara lainnya sudah mengirimkan pejabatnya untuk meninjau kawasan ini untuk memberikan dukungan. Bahkan pada Maret 2012 lalu Sekjen PBB Ban Ki Moon, mengunjungi Fasdiklat  di Sentul, Bogor.

Pada Mei 2012 , IPSC menjadi tuan ruamh Pelatihan Special Operations Group of the United Nation (UNSOG) dan United Nation Logistics Officers (UNLOG) yang diikuti 80 orang perwira TNI dan perwakilan delapan negara.

Sebelumnya Wakil Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Andrew Shapiro menghadiri upacara peletakan batu pertama fasilitas barak di IPSC di Sentul.

Setahun kemudian, Indonesia dan Amerika Serikat sebagai negara partner (plus country) dalam kerangka ASEAN Defence Ministers Meeting (ADMM Plus) atau Pertemuan Menteri Pertahanan se-ASEAN menyelenggarakan Latihan Bersama Counter Terrorism Exercise (CTx) atau Penanggulangan Terorisme, Senin (9/9/2013).

Latihan ini diikuti 10 negara ASEAN dan 8 negara partner ASEAN yaitu Amerika, Cina, Selandia Baru, Rusia, Australia, India, Korea Selatan, dan Jepang, di Kawasan IPSC, Sentul, Bogor, mulai tanggal 9 sampai 13 September 201

Di Kompleks IPSC tersebut terdapart Pusat Misi Pemeliharaan Perdamaian (Peace Keeping Center), Pusat Penanggulangan Terorisme (Counter Terrorism Training Ground), Pusat Latihan Penanggulangan Bencana dan Bantuan Kemanusiaan (Humantarian And Disaster Relief Traning Center),  Pusat Pasukan Siaga (Standby Force Center),  Pusat Bahasa (Language Center), Universitas Pertahanan, dan  Pusat Olahraga Militer (Military Sport Center).(R/SK/Dewira)

Loading...