Beranda Iklan Advetorial Sosialisasi Cagub di Lampung Tengah, Arinal Janji akan Atasi Masalah Pupuk

Sosialisasi Cagub di Lampung Tengah, Arinal Janji akan Atasi Masalah Pupuk

259
BERBAGI
Arinal Djunaidi menyapa warga Seputihraman di Lapangan Merdeka Ruktiharjo, Lampung Tengah.

TERASLAMPUNG.COM — Bersamaan dengan peringatan ke-62 tahun program transmigrasi di Seputihraman, warga etnis Bali yang sudah puluhan tahun menjadi warga Lampung dihibur wayang Cenk Blong, di Lapangan Merdeka Desa Ruktihardjo, Kecamatan Seputihraman, Lampung Tengah, Rabu malam (23/8/2017).

Dalang kondang I Wayan Nardayana sengaja diundang bakal calon Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi, untuk menghibur warga sekalus sosialisasi pencalonan dirinya pada Pilgub Lampung 2018.

Sebelum pentas wayang dimulai, Arinal memperkenalkan diri dan memohon doa restun warga Ruktihardjo dan sekitarnya. Ia pun menguraikan alasan kenapa maju Pilgub, membedah masalah yang dihadapi petani, dan berjanji akan meningkatkan taraf hidup warga.

“Di Seputihraman khususnya sebagian besar masyarakatnya petani. Lahan ditanam tapi hasilnya? Kalau bertanam semua orang menanam, tetapi persoalannya ditanam apakah ada peningkatan (pendapatan) tidak petaninya?”ujar Arinal.

Mantan Sekdaprov Lampung itu mengatakan produksi pertanian bisa diitingkatkan dengan hasil yang menguntungkan petani, namun masalahnya saat ini biaya produksi tinggi dan hasilnya diatur orang luar (internasional).

“Tadi saya mengumpulkan kader dan kelompok tani. Keluhan mereka sama, yaitu ketersediaan air, pupuk, dan lain-lain. Kan enak kalau gubernurnya orang pertanian. Kalau sarjana hukum yang disenangi orang yang ngadu. Begitupun saya korelasinya petani,” beber Arinal .

Soal harga singkong yang anjlok, Arinal mengatakan persoalan harga singkong memang tidak sederhana

“Singkong ada karena desakan para pengusaha industri singkong, singkong murah jangan disalahkan, Indonesia saat kerja sama dengan negara lain saling tukar komoditas. Harus membangun industri komoditi. Internasional ada penurunan harga tidak masalah. Nanti konsepnya saya terapkan saat saya jadi gubernur, saya janji pupuk tidak akan jadi persoalan ketika saya terpilih itu program 100 hari kepemimpinan saya,” janji Arinal.

Pergerlaran Wayang Bali kali ini warga tak hanya disuguhkan hiburan saja, namun tim Jaringan Arinal Djunaidi Berkarya (JAYA) juga menyiapkan doorprize seperti pagelaran wayang kulit sebelumnya, yakni, berupa 2 motor, 3 sepeda, 5 HP android, uang tunai Rp 1 juta untuk 5 orang pemenang dan Rp 500 ribu untuk 10 orang pemenang yang beruntung.

Dijadwalkan, usai menggelar wayang Ceng Blonk di Lapangan Merdeka Kampung Ruktiharjo, Kecamatan Seputih Raman, Lampung Tengah, esoknya JAYA akan menggelar wayang Ceng Blonk di Lapangan Desa Balinuraga Kecamatan Way Panji, Lampung Selatan, Kamis (24/8/2017) malam.