Beranda Politik Sosialisasi Perda Perlindungan Anak, Ini Pesan Nurul Ikhwan

Sosialisasi Perda Perlindungan Anak, Ini Pesan Nurul Ikhwan

349
BERBAGI

TERASLAMPUNG.COM — Anggota DPRD Lampung Nurul Ikhwan melakukan sosialisasi Perda No 13 tahun 2017 tentang Perlindungan Anak Provinsi Lampung, di Kecamatan Tanjungsari, Lampung Selatan, Sabtu (22/2/2020).

Pada kesempatan itu Nurul Ikhwan mengingatkan bahwa anak beruusia 18 tahun ke bawah harus dilindungi oleh semua pihak mulai orang tua, keluarga, lingkungan hingga pemerintahan sampai ke desa desa.

Menurut Nurul Ikhwan, Perda tersebut memuat 50 pasal untuk melakukan pencegahan terhadap pelanggaran kebutuhan hak-hak anak.

“Ada pula amanat untuk membentuk pokja perlindungan anak mulai level provinsi hingga desa-desa. Namun dalam penerapannya peran orang tua dan lingkungan menjadi hal yang krusial dalam pembentukan karakter anak indonesia dalam mendukung program Indonesia maju,” kata anggota Fraksi PDIP itu.

Dalam sosialisasi ini, Budi Utomo, pemerhati ekosistem anak milenial menerangkan bahwa nilai nilai yang ditanamkan kepada anak dari orang tua harus dilandasi dengan komitmen komunikasi bersama anak terutama anak anak yg rentan dalam pencarian jati diri karakter mereka.

Dalam sosialisasi perda ini juga masyarakat Kecamatan Tanjungsari berharap ada ketentuan bagaimana perlindungan anak terhadap dampak tekhnologi informasi yang memiliki dua sisi mata uang hingga perlindungan anak terkait paham-paham intoleransi,  radikalisme, dan  terorisme.

Narasumber lainnya, Munawar, mendorong masyarakat untuk mampu mengajak aparatur desa terdekat agar bisa bersama sama membuat program perlindungan anak sesuai arahan Perda 13 tahun 2017 sebagai turunan UU No. 35 th 2014.

Nurul ikhwan berharap dengan sosialisasi ini terjadi amplifikasi replikasi pengetahuan ttg perda ini bahwa pemerintah provinsi bersama DPRD lampung hadir dalam konteks perlindungan anak lampung serta Perda lainnya.

Loading...