Spanyol Ditekuk Jerman di Depan Publik Sendiri

  • Bagikan

TERASLAMPUNG–Bermain dalam guyuran hujan, Toni Kroos menjadi pahlawan kemenangan Jerman atas Spanyol laga uji coba internasional yang berlangsung di Estadio Balaidos Vigo, Rabu (19/11) dini hari WIB. Gol yang dicetak pada menit-menit terakhir menjadi kebanggan tersendiri bagi tim Panser,

Pelatih timnas Jerman Joachim Loew mengaku puas dengan kemenangan yang diraih anak didiknya. Loew mengakui bahwa ia harus menyesuaikan timnya untuk bisa mengimbangi superioritas lini tengah Spanyol. Untuk itu, Loew menempatkan satu pemain tambahan di lini tengah. “Saya rasa kami mencoba bermain dan menyerang dengan tenang. Spanyol selalu bisa membangun serangan mereka dengan baik. Untuk mengantisipasinya, kami tempatkan satu pemain tambahan di lini tengah,” kata Loew, sebagaimana dikutip  Football Espana.

Jalannya pertandingan kedua tim berlangsung menarik. Bermain di depan publiknya sendiri, Spanyol tampak sangat percaya diri dengan melakukan serangan sejak awal babak pertama. Dua peluang pada babak pertama diperoleh Sergio Ramos dan Nolito.

Pada menit  ke-22, pemain andalan Jerman,  Thomas Muller, terpaksa harus keluar karena masalah fisik. Muller kemudian digantikan  Karim Bellarabi.

Keluarnya Muller  dimanfaatkan Spanyol makin menekan tim tamu. Serangan sering dibangun. Namun, selalu kandas. Hingga babak pertama kedudukan imbang 0-0.

Memasuki paruh kedua permainan, Spanyol masih tetap mempertahankan gaya bermain cepat dan agresif. Peluang terbaik saat laga memasuki satu jam saat Nolito nyaris membobol gawang Zieler.

Dua peluang berharga didapat ketika Erik Durm dan Volland memiliki momentum untuk membuka keunggulan Jerman namun kandas.

Meski terus tekanan lawan, Vicente Del Bosque justrumelakukan sejumlah pergantian di lima belas menit akhir pertandingan termasuk mengganti Iker Casillas dengan kiper Espanyol, Kiko Casilla.

Vollang menjadi pemain Jerman yang paling banyak memperoleh kesempatan untuk memecah kebuntuan hanya saja upayanya di menit ke-79 dimentahkan Casilla. Tiga menit kemudian Spanyol balik mengancam lewat aksi Pedro Rodriguez.

Lima menit tersisa Low menarik Mario Gotze untuk digantikan Max Kruse. Perubahan taktik itu berbuah hasil positif usai gelandang Borussia Monchengladbach itu menjadi kreator gol Toni Kroos di menit-menit akhir babak kedua.

Susunan Pemain:

Spanyol: Casillas; Azpilicueta, Ramos, Piqué, Bernat; Busquets, Raúl García, Bruno; Nolito, Morata, Isco.

Jerman: Zieler; Höwedes, Mustafi, Rüdiger; Rudy, Khedira, Kroos, Durm; Müller, Götze, Volland.

  • Bagikan