Beranda BOLA Euro Spanyol Produktif saat Melaju ke 16 Besar

Spanyol Produktif saat Melaju ke 16 Besar

207
BERBAGI
Spanyol tekuk Turki 3-0.
TERASLAMPUNG.COM — Spanyol  mencatatkan diri sebagai timnas paling produktif pada fase grup Piala Eropa 2016. Setelah menundukkan Turki 3-0 dalam pertandingan kedua Grup D turnamen terbaik antarnegara Eropa ini di Allianz Riviera, Sabtu (18/6) WIB.

Tiga gol Spanyol dicetak Alvaro Morata di menit 34 dan  48 dan satu lainnya oleh Nolito di menit 37. Hal yang pertama kalinya dalam Euro ini. Karena paling banyak timnas yang menang hanya membuat dua gol. Seperti Hongaria dari Austria 2-0, juga Prancis terhadap Albania 2-0.

Hasil ini tidak sekadar membuat La Furia Roja melaju sebagai timnas pertama ke babak 16 besar dari grupnya. Namun, semakin menguatkan pendapat orang soal peluang Tim Matador sebagai calon juara.

Dari jelang kompetisi ini digelar hingga saat ini, Andres Iniesta dan kawan-kawan memang diprediksi menjadi salah satu kampiun Euro 2016. Sebagaimana harapan itu disandangkan kepada Prancis, Italia, Inggris, Jerman, dan Portugal.

Faktanya sampai pekan kedua event ini baru tiga tim yang memastikan lolos ke babak berikutnya. Ya, mereka masih bagian para timnas favorit itu. Selain Spanyol adalah Prancis dan Italia yang sudah memastikan diri maju terlebih dulu.

Sementara Jerman, Inggris, dan Portugal harus menunggu sampai pekan ketiga atau pekan terakhir fase grup usai. Hal yang sungguh di luar dugaan dan membuktikan ketatnya persaingan di Piala Eropa ini. Karena timnas-timnas underdog seperti misalnya Irlandia Utara bisa unjuk kemampuan.

Inggris ditahan Rusia 1-1 dan menang 2-1 dari Wales, sehingga perolehan poinnya 4. Jerman menang 2-0 dari Ukraina dan imbang 0-0 dengan Polandia, poinnya juga 4. Portugal ditahan imbang Islandia 1-1 dan baru akan lebih menentukan nasibnya pada Minggu (19/6) melawan Austria, poinnya pun baru 1.

Del Bosque menyadari hasil-hasil pada laga penyisihan memang belum menjamin keberhasilan pada babak berikutnya. Namun, ia mengingatkan bahwa setidaknya Gerard Pique cs telah memperlihatkan sinyal sebagai timnas yang pantas kembali memenangkan pesta sepakbola terbesar di Benua Biru ini.

“Kini, kami akan fokus terhadap Kroasia. Kami akan coba merebut tiga poin dari mereka, sehingga melaju ke 16 besar dengan poin sempurna. Jadi, orang boleh mengatakan apapun tentang kami, namun kami akan melakukan tugas kami secara bertahap untuk bisa sampai ke tangga juara,” tegas Del Bosque.

Spanyol akan menjalani laga ketiga Grup D melawan Kroasia pada Rabu (22/6) dinihari WIB. Bersamaan dengan Republik Ceko melawan Turki.

Loading...