Beranda Hukum Kriminal Spesialis Pencuri Barang Milik Pengunjung RS Abdoel Moeloek Dibekuk Polisi

Spesialis Pencuri Barang Milik Pengunjung RS Abdoel Moeloek Dibekuk Polisi

261
BERBAGI
Ilustrasi

Zainal Asikin|Teraslampung.com

BANDARLAMPUNG-Petugas Unit Reskrim Polsekta Kedaton, meringkus Canggih Ramadhon alias Anggih (26), tersangka pencurian spesialis barang milik pengunjung pasien di Rumah Sakit Umum Abdul Moeloek (RSUAM), pada Senin (23/1/2017) lalu. Polisi menangkap tersangka di rumahnya, di Jalan Cipto Mangunkusumo, Kelurahan Kupang Teba, Telukbetung Utara.

Kapolsekta Kedaton, Kompol Bismark mengatakan, tersangka Canggih tersebut, merupakan spesialis pencurian barang-barang milik pengunjung pasien di Rumah Sakit Umum Abdul Moeloek (RSUAM).

“Tersangka Canggih tidak hanya sekali mencuri barang milik para pengunjung pasien RSUAM, tersangka sudah beberapakali melakukan pencurian,”ujarnya, Minggu (12/2/2017).

Dari penangkapan tersangka, petugas menyita barang bukti hasil curian berupa satu buah tas kecil warna hitam dan ponsel merk Nokia.

Bismark menuturkan, modus pencurian Canggih, datang ke RSUAM berpura-pura sebagai pengunjung pasien. Lalu tersangka masuk ke seluruh ruangan RSUAM, mencari target calon korbannya. Melihat ada keluarga pasien membawa tas, tersangka langsung melancarkan aksinya.

“Tersangka mendekati korban, lalu pura-pura duduk di sebelahnya. Begitu korbannya lengah dan tertidur, Canggih mengambil tas dan barang berharga lainnya milik korban,”tuturnya.

Dikatakannya, aksi terakhir pencurian tersangka Canggih, yakni mencuri barang berharga milik Sainal (55), warga Abung Barat, Lampung Utara saat korban sedang berada di ruang tunggu Perinatologi Rumah Sakit Umum Abdul Moeloek (RSUAM).

“Korban saat itu datang ke Rumah Sakit, mengurus keluarganya yang
Sedang sakit,”ungkapnya.

Saat korban sedang istirahat di ruang tunggu Perinatologi RSUAM, karena kelelahan mengurus saudaranya yang sakit. Tesangka Canggih melihat Sainal membawa tas, saat itu juga langsung mendekati korban duduk di sebelahnya dengan berpura-pura sebagai pengunjung.

Begitu korban lengah, kata Bismark, tersangka Canggih langsung mencuri tas milik korban yang di dalamnya berisi ponsel. Korban baru menyadari tasnya hilang, setelah beberapa menit setelah kejadian.

“Korban curiga, bahwa yang mencuri barang miliknya adalah Canggih yang duduk di sebelahnya. Lalu korban melaporkan kasus pencurian itu, ke Mapolsekta Kedaton,”ujarnya.

Mendapat laporan korban, petugas langsung melakukan penyelidikan, dan hasil penyelidikan pencurian tersebut dilakukan Canggih. Saat itu juga, petugas menangkap Canggih di rumahnya tanpa ada perlawanan.

“Dari penangkapan tersangka, petugas menemukan tas dan ponsel milik korban Sanal yang sudah dicuri tersangka Canggih,”terangnya.

Bismark menjelaskan, tersangka Canggih beraksi tidak sendiri, melainkan bersama satu orang rekannya yang saat ini masih dalam pencarian. Tersangka Canggih, sering mencuri helm diparkiran RSUAM. Modusnya, tersangka datang ke rumah sakit bersama rekannya dengan mengendarai sepeda motor.

“Setelah mengantar Canggih, lalu temannya pergi saat itulah Canggih mengambil helm di motor yang berada di sebelahnya,”ujarnya.

Selain mencuri helm, kata Bismark, tersangka Canggih juga pernah mencuri laptop dan telepon genggam. Aksi pencurian tersebut, pernah kepergok petugas rumah sakit.

“Saat itu kasusnya diselesaikan dengan cara damai melalui rembuk, sehingga kasusnya tidak sampai di proses secara hukum,”jelasnya.