Beranda Views Feature Suiseki: Cerita di Balik Keindahan Batu

Suiseki: Cerita di Balik Keindahan Batu

1908
BERBAGI
Suiseki berbentuk sepatu

Isbedy Stiawan ZS/teraslampung.com

Menurut ahli batu akik dan suiseki, Susan Melone, batu akik berbeda dengan suiseki. Suiseki, kata Susan,  adalah jenis batu seni tanpa sentuhan tangan manusia. Susieki tampil dengan wujud benda tertentu.

Ada dua asumsi terbentuknya suiseki, kata dia, yaitu para seniman batu menganggap terbentuknya suseki karena murni proses alamiah. Sedangkan sebagian ahli arkeologi menganggap suseki berhubungan dengan artefak yang berkaitan dengan sentuhan tangan manusia di masa lampau.

“Sehingga para seniman batu menganggap suseki adalah puncak tertinggi dari seni dan mitos batu akik.”

Pada akhirnya, kata pengoleksi ribuan lebih akik dan suseki yang terimpan di lemari dan kotak khusus ini, tidak ada yang mengalahkan keindahan sentuhan Sang Maha Kuasa melalui alam semestanya. Begitulah filosofi para seniman batu.

“Sedangkan kaum spiritual mistis menganggap suseki adalah mustika yang mengandung tuah dengan cerita tertentu yang mengaitnya.

Suiseki sepatu batu: mirip kisah sepatu kaca dalam cerita Cnderlela. (teraslampung.com/isbedy)
Suiseki mirip Bunda Maria menggendong Isa AS. Ini diyakini stempel Nabi Isa, dan dalam ilmu arkeologi stempel ibu gendong anak adalah stempel tertinggi pendeta. (teraslampung.com/isbedy)
Batu Gong/watu gong/gending:  Lambang tertinggi sebuah ajaran dalam cerita tanah Jawa di Babad Mataram = gending Mataram merupakan lambang ajaran dari filosofi surodiro yayadiningrat lebur ing pangestuti. (teraslampung.com/isbedy)
Batu kodok: Lambang tauhid dalam fiksi Islam. Diceritakan dalam kisah tersebut sang kodok disuruh memimpin para binatang agar tidak menengok kanan kiri. Jalan lurus ke depan setelah disabda surat al-Ikhlas yang berisi tentang ke-Esaan Tuhan di masa zaman nabi Sulaiman. (teraslampung/isbedy)

Suiseki mustika kelapa: memiliki mitos tertentu meski masih menjadi perdebatan kaum ilmuwan, karena proses pembetukan fosilnya yang amat singkat atau tak memerlukan waktu ribuan atau jutaan tahun.(teraslampung.com/isbedy)

Baca Juga: Bisnis Batu Akik yang Menjanjikan
Baca Juga: Batu Akik dari Tanjungbintang Terkenal di Seluruh Dunia
Baca Juga: Mitos dan Khasiat Batu Akik Menurut Susan Melone
Baca Juga: Pendekatan pada Batu Akik Versi Susan Melone
Loading...