Sukseskan Pemilu 2024, Bawaslu Lampung Minta Bawahannya Gandeng Semua Pihak

Suasana rapat koordinasi ‎pengawasan tahapan pendaftaran, verifikasi, dan penetapan partai politik peserta Pemilu tahun 2024 yang digelar oleh Bawaslu Lampung Utara di aula Hotel Cahaya Kotabumi, Jumat (25/11/2022).
Suasana rapat koordinasi ‎pengawasan tahapan pendaftaran, verifikasi, dan penetapan partai politik peserta Pemilu tahun 2024 yang digelar oleh Bawaslu Lampung Utara di aula Hotel Cahaya Kotabumi, Jumat (25/11/2022).
Bagikan/Suka/Tweet:

Feaby Handana | Teraslampung.com

Kotabumi–Badan Pengawas Pemilu Lampung meminta anggotanya untuk menggandeng semua pihak dalam pelaksanaan Pemilu tahun 2024 mendatang. Kerja sama itu sangat diperlukan karena tanpa bantuan semua pihak maka tugas yang dijalankan tak akan berjalan dengan maksimal.

“Kita tidak bisa bekerja sendiri. Butuh bantuan dari semua pihak mulai dari elemen mahasiswa, OKP, LSM, dan pers,” kata Komisioner Bawaslu Lampung divisi Pencegahan dan Partisipasi Masyarakat, Karno Ahmad Satarya dalam rapat koordinasi pengawasan tahapan pendaftaran, verifikasi, dan penetapan partai politik peserta Pemilu tahun 2024 di aula Hotel Cahaya Kotabumi, Jumat (25/11/2022).

Bantuan semua elemen itu sangat dibutuhkan oleh mereka. Sebab, sumber daya manusia mereka memang terbatas untuk itu. Untuk itu diperlukan sosialisasi, diskusi, dan edukasi pengawasan pada mereka yang akan terlibat di dalamnya. Dengan begitu, potensi terjadinya kesalahan di lapangan dapat dicegah sedini mungkin.

‎”Memang untuk menyamakan pemahaman itu tidak mudah, namun jika itu dapat tercapai maka bantuan dari semua pihak tersebut akan membuat tugas kita menjadi ringan,” terangnya.

Ia ‎juga mengingatkan pada seluruh Panwascam untuk selalu mengingat panduan utama pengawasan bertugas. Pengamatan, pengkajian, dan pencegahan seperti yang dijelaskan dalam Perbawaslu harus benar – benar diingat di luar kepala. Namun, yang tak kalah penting dari itu semua adalah faktor keselamatan dan kesehatan.

“Utamakan faktor keselamatan dan kesehatan ‎saat bertugas karena itu lebih penting,” papar dia.

Di tempat sama, ‎Divisi Pengawasan Bawaslu Lampung Utara, Abdul Kholiq, rapat koordinasi ini juga bertujuan untuk lebih mengenalkan Perbawaslu Nomor 6/2022. Aturan terbaru ini membahas tentang pendaftaran, verifikasi parpol, calon peserta pemilu dan penetapan peserta Pemilu tahun 2024.

“Setiap partai politik harus diperlakukan dengan adil dan setara dalam ‎seluruh tahapan Pemilu. Perlakuan sama juga harus dilakukan dalam penetapan dan pengundian nomor urut,” terangnya.