Supriyadi Alfian: PWI Perketat Keanggotaan

  • Bagikan
Supriyadi Alfian

BANDARLAMPUNG, Teraslampung.com — Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat mengeluarkan peraturan baru mengenai keanggotaan di organisasi kewartawanan tersebut. Peraturan ini, diberlakukan bagi seluruh jurnalis baik media cetak, elektronik, maupun online, yang ingin dan memperpanjang keanggotaan PWI.

Ketua PWI Lampung, Supriyadi Alfian, menjelaskan aturan tersebut tertuang dalam surat nomor 249/PWI-P/I.XIX/2015, tanggal 18 Agustus 2015, yang ditandatangani oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) PWI Pusat, Hendry Ch Bangun.

“Surat tersebut dikeluarkan mempertegas penerapan peraturan dasar, peraturan rumah tangga (PD/PRT) PWI soal perpanjangan dan peningkatan status keanggotaan PWI.  PWI Lampung telah membahas masalah ini pada 15 September, melalui rapat pleno. Hasilnya, kita melakukan pembenahan administrasi keanggotaan, serta masa berlaku KTA PWI. Serta telah dikirimkan surat tembusan ke semua media di Lampung,” kata dia, Sabtu (24/10).

Supriyadi mengimbau agar anggota PWI yang Kartu Tanda Anggota (KTA) telah habis masa berlaku, agar segera mengurus atau memperpanjang KTA yang bersangkutan.”

Kami  juga minta bantuan pemimpin redaksi mengingatkan anggota PWI yang bernaung di medianya, untuk bisa mengurus KTA yang sudah mati,” tegasnya.

Selain itu, lanjut dia, pengurus pusat juga memperketat syarat menjadi anggota PWI, yakni harus lulus ujian kompetensi wartawan (UKW).

“Berdasarkan peraturan dasar dan peraturan rumah tangga, anggota PWI yang kartunya sudah habis satu tahun dan tidak diperpanjang, otomatis gugur sebagai anggota PWI. Kecuali yang telah menyandang predikat kompeten, lulus UKW,” jelas dia.

Supriyadi menjelaskan, dari 600 lebih anggota yang memegang KTA biasa hampir separo kartunya, belum diperpanjang alias mati. Selain itu masih ada  anggota muda sekitar 200 wartawan.

“Jumlah anggota biasa dan muda ini, tersebar di sejumlah media cetak, elektronik maupun online. Untungnya hingga kini lebih 400 wartawan di Lampung telah menyandang predikat kompeten dari 12 kali dilakukan uji kompetensi wartawan (UKW),” jelasnya.

Adapun syarat-syarat pembuatan KTA PWI, antara lain, (1) untuk anggota baru, antara lain permohonan menjadi anggota PWI diajukan dengan mengisi formulir yang sudah ditentukan dan ditandatangani oleh pemohon.

Formulir untuk Anggota Muda, (2) harus dilampiri fotocopy sertifikasi Uji Kompetensi Wartawan atau Pernyataan Kompeten dari PWI Pusat. (3) Surat keterangan hubungan kerja dari perusahaan media yang berbadan hukum. Proses anggota muda ini dilaksanakan oleh Provinsi;.

Bagi wartawan lepas (freelance) berlaku ketentuan harus melampirkan surat keterangan dari sekurang-kurangnya dua Penanggungjawab/Pemimpin Redaksi;. Ketentuan sebagaimana dimaksud dalam poin satu (1) dan poin dua (2) ini berlaku juga bagi wartawan Indonesia yang bekerja pada media asing.

Perpanjangan masa berlaku, (1) Foto Copy Kartu yang lama (masih berlaku atau habis masa berlakunya sebelum satu (1 ) tahun. (2) Surat Keterangan dari redaksi dan cap/stempel media tempatnya bekerja, (3) Mengisi Formulir yang disediakan oleh PWI Provinsi.

Fasfoto tiga lembar ukuran 2 x 3 cm, melampirkan foto copy sertifikat dan foto copy kartu kompetensi wartawan yang masa berakhir kartunya Iebih dari satu (1) tahun.

Peningkatan status keanggotaan dari MUDA ke BIASA, Mengisi formulir yang disediakan oleh PWI Provinsi; Surat pernyataan pemohon; Surat keterangan dari pemimpin redaksi dan cap/stempel media tempatnya bekerja; Foto copy Kartu Anggota Muda.

Selain itu, foto copy ljazah minimal S1 setelah tahun 2010; foto copy sertifikat kompetensi dan foto copy kartu kompetensi wartawan; tiga lembar fasfoto ukuran 2 x 3 cm; satu eksemplar terbitan terakhir, atau bukti publikasi media massanya.

Kartu Pers/PWI yang hilang, harus ada surat keterangan kehilangan dari kepolisian. Kartu Pers/PWI yang telah habis masa berlakunya lebih dari satu tahun, dapat diperpanjang keanggotaannya setelah yang bersangkutan memiliki sertifikat dan kartu kompetensi wartawan.

“Dalam pengurusan peningkatan dan perpanjangan tidak sesuai dengan peraturan/syarat-syarat tersebut di atas, maka tidak akan dilayani,”  kata dia.

rl

  • Bagikan