Beranda News Nasional Surat Al Maidah Lupa Dicantumkan, Penerbit Minta Maaf

Surat Al Maidah Lupa Dicantumkan, Penerbit Minta Maaf

240
BERBAGI
Menag Lukman beri keterangan pers usai pimpin sidang itsbat awal Ramadan 1438H/2017M. Foto: Kemenag

TERASLAMPUNG.COM — Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengaku pihaknua sudah memanggil pihak penerbit Alquran dengan cetakan yang tidak terdapat surat Al-Maidah ayat 51 hingga ayat 57.

Menurut Menag, beredarnya Alquran tersebut murni karena kelalaian dari penerbit.

“Kami telah memanggil pihak penerbit, dan yang bersangkutan juga telah menyadari kekhilafannya. Mereke sudah minta maaf,” kata Lukman Hakim di Jakarta, Jumat, 26 Mei 2017 malam.

Menag  mengatakan, penerbit hal tersebut bukanlah kesengajaan. Pihak penerbit juga sebelumnya melakukan hal tersebut tanpa sadar.

“Dalam Alquran tersebut, penyusunan lembar Alquran yang terdapat surat Al Maidah terbalik. Dan tidak disusun sebagaimana mestinya. Jadi itu kan kenyataannya bahwa ayat-ayat yang diduga hilang itu ternyata kan tertukar. Ada di halaman yang berbeda begitu penempatannya. Jadi ini lebih pada kesalahan menata halaman demi halaman dari alquran itu sendiri,” ujarnya.

Sebelumnya, kitab suci Alquran tanpa Al-Maidah ayat 51-57 ini terungkap pada Selasa 23 Mei 2017. Hal itu sempat menjadi sorotan publik dan menjadi viral di media sosial.

Awal lesap atau terbaliknya surat Al Maidah tersebut muncul setelah adanya laporan pengurus Masjid Assifa Desa Sukamaju, Kecamatan Megamendung, Bogor, Jawa Barat.

Laporan itu kemudian ditindaklanjuti Kementerian Agama dengan menelusuri dan mengkonfirmasi ke PT Suara Agung yang menjadi perusahaan penerbit. Dari pemeriksaan terungkap, memang ada kesalahan pencetakan.

Loading...