Beranda Teras Berita Survei CSIS: Loyalitas Pemilih Hanura Paling Tinggi

Survei CSIS: Loyalitas Pemilih Hanura Paling Tinggi

224
BERBAGI

B. Satriaji/Teraslampung.Com

Wiranto bersama HT

Jakarta—Peneliti Center for Strategic and International Studies (CSIS), Philips Vermonte, mengatakan hasil penelitan CSIS menemukan bahwa loyalitas pemilih Partai Hanura paling tinggi dibandingkan dengan partai peserta pemilu lainnya.

“Di antara partai-partai peserta pemilu, Hanura relatif telah berhasil memantapkan para pemilihnya, dimana di antara mereka yang menyatakan akan memilih Hanura pada pemilu 9 April nanti, 62,5 persen menyatakan bahwa pilihan mereka itu sudah pasti,” ujarnya dalam rilis survei CSIS “Di Tengah Efek Jokowi: Pemilih yang Masih Ragu dan Kontestasi yang Masih Belum Selesai,” di Kantor CSIS, Jakarta Pusat, Senin (31/3).

Ditambahkan, di posisi kedua ada Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dengan 58,5 persen pemilhnya menyatakan bahwa pilihan mereka sudah pasti. Kemudian di posisi berikutnya ada Partai Golkar dengan angka 57,9 persen dan Gerindra 52,9 persen disusul Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dengan 52,4 sementara Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) berada diposisi keenam dengan perolehan persentase sebesar 46,1 persen.

Namun temuan lain menyatakan bahwa berdasarkan hasil wawancara dengan 1.200 responden, ditemukan 45,8 persen di antaranya mengatakan masih dapat mengubah pilihan mereka menjelang hari pemungutan suara 9 April.

Sementara itu 42,4 persen pemilih menyatakan yakin atau tidak akan mengubah pilihan mereka hingga hari pemungutan suara.

Survei dilakukan dengan metodologi wawancara tatap muka yang dilakukan di 33 provinsi selama 7 hingga 17 Maret 2014 dengan margin of error 2,83 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen

Sumber: Suara Pembaruan

Loading...