Beranda News Nusantara Survei Popularitas Cagub Sumbar: Walikota Padang Bersaing Ketat dengan Wagub Sumbar

Survei Popularitas Cagub Sumbar: Walikota Padang Bersaing Ketat dengan Wagub Sumbar

350
BERBAGI

TERASLAMPUNG.COM — Menjelang pilkada serentak 2019, persaingan bakal calon kandidat kepala daerah di berbagai daerah. Di pemilihan gubernur (Pilgub) Sumatera Barat (Sumbar), misalnya, persaingan setidaknya terekam dalam hasil survei yang dirilis Datasatu, Jumat, 1 November 2019. Menurut lembaga survei Datasatu, persaingan popularitas dalam Pilgub Sumbar terjadi antara Walikota Padang, Mahyeldi, dengan Wagub Sumbar, Nasrul Abit.

Berdasarkan hasil survei yang dilakukan pada  21-23 Oktober 2019 itu, lima bakal calon terpopuler di media berita online menurut Datasatu adalah Mahyeldi (Walikota Padang) 35,5%, Nasrul Abit (Wagub Sumbar) 32,1%, Ali Mukhni (Bupati Padang Pariaman) 21,2%, Fakhrizal (Kapolda Sumbar) 6,2%, dan Faldo Maldini (Ketua DPW PSI) 5%.

Menurut Datasatu, Mahyeldi yang saat ini menjabat Walikota Padang mendapatkan popularitas tertinggi karena dua hal. Pertama,karena program kerja yang dinilai berhasil selama menjabat Walikota Padang. Misalnya  perbaikan fasilitas umum (perbaikan jalan, penambahan fasilitas umum, dan penataan pasar). Kedua, sosok ulama yang melekat di fugur Mahyeldi.

Sedangkan  Nasrul Abit yang saat ini menjabat Wakil Gubernur Sumatera Barat mendapatkan popularitas tinggi karena program kerja yang dinilai sukses bersama Irwan Prayitno sebagai Gubernur Sumbar.

Menurut Datasatu, Ali Mukhni yang saat ini menjabat Bupati Padang Pariaman mendapatkan popularitas sebesar 21,2% karena program kerja selama menjabat sebagai Bupati Padang Pariaman.

Metodologi survei yang dipakai Datasatu adalah kualitatif deskriptif dengan sampel media-media berita online nasional dan daerah di Sumatera Barat yang memberitakan khusus tentang Pilkada Sumbar tahun 2020.

“Survei ini hanya melihat tingkat populatitas (keterkenalan) bakal calon di Sumatera Barat berdasarkan modus (keseringan muncul dan diberitakan). Adapun jumlah berita Pilkada Sumbar yang diberitakan media berita online dan dilakukan survei oleh Tim Litbang DATASATU.com berjumlah 94 pemberitaan di media berita online, baik media berita online nasional maupun regional (Sumbar),” tulis Datasatu dalam rilis yang dikirim ke Teraslampung.com, Jumat (1/11/2019).

 

Loading...