Beranda Seni Tradisi Syafril “Rajo Cetik” Yamin Berikan Materi Workshop Gamolan Pekhing di ISI Solo

Syafril “Rajo Cetik” Yamin Berikan Materi Workshop Gamolan Pekhing di ISI Solo

240
BERBAGI

TERASLAMPUNG.COM — Seniman Lampung yang juga pemulia alat musik lokal gamolan pekhing, Syafril “Rajo Cetik” Yamin, hari ini memberikan materi “Workhshop Gamolan Pekhing” di Studio Fakultas Seni Pertunjukan Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta, Jumat pagi (8/4/2016).

Bagi pria yang akrab disapa Mamak Lil atau Rajo Cetik alias Rajo Gamolan itu, memberikan materi di depan para mahasiswa dan dosen jurusan Etnomusikologi ISI Surakarta itu menjadi pengalaman tersendiri. Ia mengaku terhormat dan mendapatkan apresiasi yang tinggi karena dipercaya oleh sebuah perguruan tinggi seni yang cukup kredibel dan disegani.

“Saya kan hanya seniman, tidak bergelar doktor,” ujar Mamak Lil, beberapa waktu lalu, sebelum berangkat ke Surakarta.

Beberapa sahabat Mamak Lil kemudian meyakinkan dirinya bahwa undangan dari ISI merupakan kehormatan yang harus disambut baik.

Mahasiswa ISI antusias mengikuti workshop gamolan pekhing

Mamak Lil sendiri sudah lama menekuni dunia seni tradisi, utamanya gamolan pekhing. Selain sebagai pengrajin alat musik gamolan pekhing (sering juga disebut cetik), Mamak Lil sering melatih para siswa SMA dan guru-guru di Lampung menabuh gamolan pekhing.

Ia juga pernah pentas musik gamolan pekhing secara rutin di sebuah hotel berbintang. Juga berkolaborasi dengan pemusik lain dalam sebuah festival musik jazz.

Oyos Saroso H.N. 

Loading...