Tahan Vietnam 2-2, Indonesia Lolos ke Final Piala AFF 2016

  • Bagikan

TERASLAMPUNG.COM — Akhirnya Tim Nasional Indonesia lolos ke final Piala AFF 2016 setelah berhasil menahan imbahan imbang 2-2 tuan rumah Vietnam, di My Dinh National Stadium, Rabu malam (7/12/2016). Andik dan kawan-kawan harus berjuang mati-matian untuk bisa menahan bombardir pasukan Vietnam yang terus mengurung ruang petahanan Merah Putih.

Dengan hasil 2-2, Indonesia akhirnya yang lolos ke partai final karena dalam laga putaran pertama yang digelar di Stadion Pakansari, Bogor, Indonesia berhasil menekuk Vietnam 2-1 sehingga total skor menjadi 4-3 untuk Indonesia.

Tampil di depan publiknya sendiri, permainan punggawa Vietnam memang luar biasa. Sejak babak pertama, mereka mendominasi pertandingan dan terus-menerus melakukan serangan. Untunya, barisan pertahanan Indonesia lumayan solid sehingga berkali-kali duet bek tengah Hansamu Yama dan Fachrudin Aryanto mampu membendung serangan lawan.

Memasuki babak kedua, serangan Vietnam makin intensif. Meski terus menerus berada dalam tekanan, sesekali Tim Merah Putih melakukan serangan. Pada menit ke-54, Stefano Lilipaly berhasil menjebol gawang Vietnam setelah memanfaatkan kesalahan pemain belakang dan penjaga gawang lawan.

Tertinggal satu gol seolah tidak ada artinya bagi Vietnam. Para pemain Vietnam terus menyerang. Indonesia betul-betul terkurung. Bola-bola silang pemain Vietnam dan leterampilan individu yang prima membuat permainan punggawa Indonesia kedodoran.
Ancaman demi ancaman pun terus  berlangsung.

Indonesia diuntungkan situasi ketika penjaga gawang Vietnam, Tran Nguyen Manh, diusir keluar dari lapangan karena diganjar kartu merah pada menit 76 karena memprotes keras wasit. Bek Vietnam akhirnya menggantikan Tran Nguyen menjadi penjaga gawang dan praktis Vietnam hanyan diperkuat 10 pemain.

Namun, berkurangnya satu pemain tidak membuat kekuatan tuan mengendur. Serangan justru makin digencarkan. Di sisi lain, pemain Indonesia tidak mampu mengimbangi permainan ngotot mereka. Alhasil, hanya beberapa menit sebelum pertandingan usai, Vu Thanh berhasil menjebol gawang Kurnia Mega pada menit ke-83. Gol itu tercipta ketika Thanh mendapat assist dari Pham Thanh Lurong.

LIHAT VIDEO DETIK-DETIK KEMENANGAN >>>

  • Bagikan